Tingkatkan Kompetensi Guru RA Kemenag Demak, BDK Semarang Gelar Pelatihan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Demak – Kemenag Demak menggelar Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) periode 28 Maret – 2 April 2022. Kegiatan yang dilaksanakan di aula tersebut dibuka oleh Kasubbag TU, Nur Fauzi, Senin (28/03).

Pelaksana pelatihan ini adalah Balai Diklat Keagamaan (BDK) Semarang, dengan mengusung tema “Pembelajaran Tematik Raudhotul Athfal (RA)”. Kegiatan diikuti guru-guru RA dan diampu oleh dua widyaiswara BDK Semarang, Darwiyanto dan Ida Fitro Dianingrum.

“Tugas guru RA sangat penting untuk membantu meletakkan dasar kearah perkembangan sikap perilaku, pengetahuan, keterampilan, dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik agar menjadi muslim yang menghayati dan mengamalkan agama serta menyesuaikan diri dengan lingkungannya,” ucap Nur Fauzi dalam sambutannya.

Nur Fauzi juga berharap semoga pelaksanaan pelatian tematik ini dapat berjalan dengan sebaik-baiknya, sehingga ilmu yang didapat mampu meningkatkan pembelajaran di RA masing-masing.

Pelatihan ini merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh para guru RA, utamanya guru yang berstatus ASN. Karena selain ada nilai tambah untuk peningkatan kompetensi, juga ilmu yang diperoleh dapat dikembangkan untuk kemajuan RA yang menjadi tempatnya bertugas.

Darwiyanto, mewakili Kepala BDK Semarang, menyampaikan bahwa pelatihan ini berjalan selama 6 hari dengan durasi 52 Jam. Lebih lanjut ia menegaskan, bahwa pembelajaran yang tepat pada pendidikan usia dini adalah pembelajaran tematik. Dimana pembelajaran tersebut dapat memberikan konsep-konsep dasar yang memiliki kebermaknaan bagi anak-anak melalui pengalaman nyata yang memungkinkan anak unjuk aktifitas dan rasa ingin tahu secara optimal.

Hal ini sebagaimana tercantum dalam lampiran I Permendikbud Nomor 146 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang menjelaskan karakteristik PAUD menggunakan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik dalam memberikan rangsangan pendidikan.

“Ikuti pelatihan ini dengan semangat karena kegiatan nanti akan berakhir dengan datangnya Ramadhan, semoga kegiatan ini berjalan lancar dan membawa manfaat,” tutup Darwiyanto.(msr/rf).