Bazar Ngaji Kitab Ramaikan Syiar Ramadhan di MAN 1 Pati

Pati – Ramadhan adalah bulan penuh barokah, penuh ibadah dan penuh ampunan. MAN 1 Pati kembali mengadakan berbagai macam kegiatan untuk mensyiarkan ramadhan tahun 1443 H. Selama kurang lebih 2 tahun yang lalu, boarding school MAN 1 Pati mengalami  kevakuman dalam kegiatan ramadhan, karena negara kita bahkan dunia yang telah dilanda wabah covid-19.

“Alhamdulillah pada tahun ini kita bisa melaksanakan kegiatan bazar ngaji kitab dalam acara syiar ramadhan, bazar ini dilaksanakan karena rindunya santri selama dua tahun vakum kegiatan ini, semoga kegiatan mulia ini dapat berlangsung dengan lancar, aman, dan damai serta diberikan sehat wal afiyat,” ujar Agus Rofiq selaku Humas MAN 1 Pati saat dimintai keterangan pada Senin (11/4/2022).

Menurut Agus, pada tahun yang lalu peserta didik meramaikan syiar ramadhan di tempat tinggalnya masing-masing dengan ragam kegiatan melebur dengan masyarakat di lingkungannya masing-masing dan kajian kitab diberikan secara daring.

“Yang meramaikan syiar ramadhan di madrasah tahun lalu adalah dewan guru dan karyawan MAN 1 Pati bertempat di masjid “Ulul Albab” MAN 1 Pati, dengan kajian kitab Bidayatul Hidayah bersama ustadz Ahmad Sabiqin, dari pondok pesantren Qur’aniyyah Jekulo Kudus, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan covid-19 yang sangat ketat, alhamdulillah berjalan dengan lancar tanpa adanya aral suatu apapun,” terangnya.

semoga Allah SWT menarik dan menghapus wabah covid-19 dari bumi ini

Lebih lanjut Agus menyampaikan bahwa pada tahun ini, wabah covid-19 sudah mereda dan berdasarkan surat edaran dari Bupati Pati yang memperbolehkan pembelajaran tatap muka (PTM), maka ditindak lanjuti dengan PTM di boarding school MAN 1 Pati.

“Sebanyak 275 santri boarding school kelas X dan kelas XI MAN 1 Pati chek-in di asrama pada Senin (04/04), dan hari Selasa (05/04) awal dimulainya bazar ngaji kitab dalam kegiatan syiar ramadhan boarding school MAN 1 Pati dengan berbagai macam agenda seperti tadarrus al-Qur’an, shalat tarawih dan witir berjamaah, Qiyamul  lail, khitobah/muhadlarah dan kajian berbagai macam kitab salaf,” ungkap Agus.

Dalam hal ini, Kepala MAN 1 Pati Amiruddin Aziz sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap agar tujuan pelaksanaan kegiatan syiar ramadhan di boarding school MAN 1 Pati ini bisa terwujud. ”Semoga kegiatan ini bisa membentuk pribadi santri boarding school MAN 1 Pati beriman kuat, berperilaku yang sesuai dengan syariat dan berakhlakul karimah, sehingga terbentuk pribadi santri yang luhur yang dihiasi dengan perilaku santun dan terpuji,” harapnya.

Ada enam kitab yang digunakan pada kegiatan bazar ngaji kitab di boarding school MAN 1 Pati, antara lain Kitab Chasiyah Abi Jamrah bersama ustadz Ahmad Sabiqin, Kitab Akhlaqul Banin bersama ustadz Abdul Azis, Kitab Mabadiul Fiqhiyah bersama ustadz Shofiyullah, Kitab Durusu Aqoidud diniyyah bersama ustadz Nur Fatoni, Kitab Al-Jurumiyyah bersama ustadz Fattahul Huda danKitab Amtsilatut Tasrifiyah bersama ustadz Nur Mukhlis.(ar-at/Sua)