Berburu Berkah, KUA dan Penyuluh Agama Islam Kec. Pati Berbagi Takjil

Pati – Bagi umat Muslim, memberi makanan atau minuman bagi orang lain yang hendak berbuka puasa menjadi kewajiban meskipun hanya seteguk air.

Menjelang waktu berbuka puasa, pegawai Kantor Urusan Agama (KUA) bekerjasama dengan Penyuluh Agama Islam wilayah Kec. Pati Kab. Pati berbagi takjil berbuka puasa ke pengguna jalan pada Jum’at, (15/4/2022).

Pembagian ratusan takjil dengan cuma-cuma ini diberikan ke pelintas/pengguna jalan depan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati di ruas jalan Panglima Sudirman Pati.

Kegiatan berbagi dengan sesama ini bertujuan untuk menanamkan rasa persaudaraan dan membangkitkan semangat kepada umat muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa khususnya untuk masyarakat wilayah sekitar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati.

Kepala KUA Kec. Pati, Ahmad Muthoza mengungkapkan rasa syukur dapat menggelar kegiatan bagi-bagi takjil ke pengguna lintasan jalan sekitar kantor itu.

“Alhamdulillah pembagian takjil kepada pengguna jalan berjalan lancar, meskipun sedikit, setidaknya bisa berbagi sesama kaum muslimin,” kata Thoza (begitu Ka. KUA Pati biasa disapa).

Thoza mengatakan bahwa melalui kegiatan Berbagi Takjil ini, diharapkan dapat sedikit meringankan beban akibat pandemi covid19 dan menumbuhkan semangat bergotong royong, toleransi dan cinta kasih. Terus semangat menjalani ibadah puasa dengan khusyuk serta selalu mematuhi protokol kesehatan. 

“Kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk kepedulian pada masyarakat. Terlebih sedekah dibulan puasa pahalanya dilipat gandakan, InsyaAllah kegiatan pembagian takjil ini akan kami laksanakan setiap tahunnya di bulan suci Ramadhan,” ujar Thoza.

“Semoga takjil ini bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang menjalankan ibadah puasa,” imbuhnya.

Thoza berharap langkah ini bisa memicu energi positif untuk saling berbagi. Tak hanya dari pemerintah kepada masyarakat, tetapi untuk semua. 

“Saya berharap langkah ini bisa memicu energi positif untuk saling berbagi dan kegiatan ini dapat terus dilaksanakan di jajaran Kemenag Kab. Pati khususnya di wilayah-wilayah satker dan KUA pada bulan suci ramadhan ini,” tutupnya.(at/Sua)