Bersama PCNU dan Polres, Kemenag Pati Sukseskan Gerakan Satu Juta Vaksinasi Booster

Pati – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati bersama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan Kepolisian Resor (Polres) Pati turut berpartisipasi menyukseskan kegiatan Gerakan satu juta vaksin booster di wilayah Kabupaten Pati secara serentak bertepatan dengan peringatan Hari Kartini, Kamis (21/4/2022). 

Kegiatan Vaksin tersebut di gelar di 22 lokasi meliputi kantor PCNU dan 21 puskesmas di wilayah Kabupaten Pati. Hadir mengikuti lounching nasional Gerakan Satu Juta Vaksinasi Booster secara daring yang diikuti di halaman kantor PCNU Kabupaten Pati, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Ali Arifin, Kepala Polres Kab. Pati yang diwakili Kabag Ops Polres Pati Kompol Sugino bersama Kasi Dokkes Polres Kab. Pati Ipda Jasmani beserta jajaran pejabat, Ketua PCNU Kab. Pati Yusuf Hasyim dan Tim Humas masing-masing.

Kompol Sugino selaku Kabag Ops Polres Pati dalam keterangannya, sedikit menjelaskan latar belakang digelarnya kegiatan ini antara lain sebagai tindakan preventif pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 sebagai akibat dari gelombang mudik menjelang dan sesudah Hari Raya Idul Fitri nanti.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati Ali Arifin,  bahwa dalam perkembangan laporan capaian vaksinasi Booster secara Nasional masih dibawah target yang diharapkan. “ini yang memicu rasa khawatir para Petinggi Lembaga Negara dalam hal ini Menteri Agama, Kapolri dan Ormas NU dalam menghadapi arus mudik Lebaran nanti bagaimana cara dalam upaya menjaga dan meminimalisir penyebaran Covid-19 dalam situasi begini,” kata Ali Arifin.

“Atas dasar keprihatinan itulah digagaslah sebuah ide untuk membuat satu terobosan program secara Nasional yaitu Gerakan Satu Juta Vaksin Booster yang digagas oleh Menteri Agama, Kapolri dan Ormas NU, jadi kita sebagai Stakeholder dari Kementerian Agama wajib ikut bertanggungjawab menyukseskan Program Vaksinasi ini,” tegas Ali Arifin.

Sementara di tempat yang sama, Ketua PCNU Kabupaten Pati, Yusuf Hasyim menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan vaksin secara serentak ini.

“Alhamdulillah kegiatan gerakan satu juta Vaksinasi hari pertama ini telah dilaksanakan. Saya sampaikan terima kasih kepada Bapak Kepala Kankemenag Kab. Pati, Kepala Polres yang diwakili Kabag Ops Polres Pati dan Kasi Dokkes Polres Kabupaten Pati beserta jajaran pejabat, Tim vaksinator, serta semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini,” tutur Yusuf Hasyim.

“Semoga seluruh warga Kabupaten Pati bisa mendapatkan vaksin secara lengkap,” harapnya.

Pelaksanaan Vaksinasi dihari pertama terpantau berjalan lancar dan tertib. Kegiatan Vaksinasi ini juga disambut antusias oleh para peserta vaksin yang terdiri dari kalangan pegawai pemerintahan dan masyarakat umum. Sebelum melaksanakan vaksinasi, para peserta dimintai data diri dan dicek kesehatannya terlebih dahulu oleh petugas.

Pelaksanaan Vaksinasi ini dilaksanakan secara serentak dimulai tanggal 21 April hari ini di seluruh kantor PCNU dan Puskesmas Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Pati. (at/Sua)