DWP Kankemenag Purbalingga Berikan Santunan Anak Yatim Piatu

Ketua Dharma Wanita Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga Hj. Durotun Nafisah memberikan sambutan dan tausiyah pada kegiatan Pengajian dan Santunan Anak Yatim Piatu di Aula Lantai II Kankemenag Purbalingga .

Purbalingga – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga menggelar kegiatan Pengajian dan Santunan Anak Yatim Piatu di Aula Lantai 2 kantor setempat, Rabu (27/4/2022). Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka melaksanakan fungsi dan misi sosial organisasi tersebut diikuti anak-anak yatim piatu dan para pendamping serta dihadiri jajaran Pengurus DWP Kankemenag Kabupaten Purbalingga.

Pengurus DWP Kankemenag Purbalingga Hj. Lina Parwati dalam keterangannya menjelaskan, dalam kegiatan tersebut disalurkan santunan berupa bingkisan paket lebaran dan uang saku kepada 25 penerima.

“Penerima santunan adalah anak-anak yatim piatu yang berasal dari siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan keluarga di lingkungan jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga,” jelasnya.

Menurutnya, alasan mengapa kegiatan tersebut sangat mendesak untuk segera dilaksanakan yaitu karena terbatasnya waktu menjelang libur cuti bersama sebelum dan sesudah Hari Raya Idul Fitri.

“Juga mengambil momentum puasa di bulan suci Ramadan sebagai ajang meraih pahala,” imbuhnya.

Ketua DWP Kankemenag Purbalingga Hj. Durotun Nafisah dalam sambutannya mengapresiasi kerja keras seluruh jajarannya yang telah menyukseskan kegiatan yang baru pertama digelarnya di Kankemenag Purbalingga. Ia juga meminta agar kegiatan pengajian dan pemberian santunan tersebut dapat diagendakan kembali dan terus dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya.

“Kegiatan ini merupakan program yang insyaallah akan kita laksanakan secara rutin, baik pengajian maupun santunan ini. Mungkin nanti akan kita agendakan di bulan yang lain, Muharam misalnya,” ujarnya.

Dalam materinya Ketua DWP Kankemenag Purbalingga yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Yaqutun Nafis Banjarnegara tersebut mengajak anak-anak yatim beserta para pendamping serta jajaran pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan / Perwanida yang dipimpinnya untuk selalu bersyukur dan bersemangat. Selain itu ia juga mengajarkan beberapa doa amalan harian yang dicontohkan Rasulullah saw.

Menurutnya, dari sabda Nabi Muhammad saw, ada tiga amaliah yang apabila dikerjakan umat Islam nilainya luar biasa, seperti mendapatkan kebaikan dunia dan seisinya.

“Pertama adalah bersabar terhadap bala’ atau musibah yang menimpanya. Ia menerima musibah tersebut dengan rasa ridha. Yang kedua, ridha terhadap ketentuan (qodlo dan qodar) yang Allah tetapkan. Dan ketiga yaitu berdoa dalam keadaan senang atau lapang,” urainya.

Usai memberikan tausiah, Ketua DWP Durotun Nafisah melakukan pemberian santunan secara simbolis kepada beberapa penerima. Sedangkan paket lebaran dan santunan kepada penerima lainnya diberikan seusai kegiatan oleh jajaran Pengurus DWP Kankemenag Purbalingga secara bergantian dan dilanjutkan dengan kegiatan foto bersama anak-anak penerima santunan. * (sar / bd)

Secara simbolis, Ketua DWP Durotun Nafisah memberikan paket bingkisan lebaran dan santunan kepada tiga anak yatim piatu.