Karsono: ASN Ibaratkan Penyelam Laut

Banjarnegara – Jumat (1/4) Pembinaan perdana oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara di MTs Negeri 2 Banjarnegara. Pembinaan tersebut diikuti oleh 70 guru dan pegawai baik ASN maupun Non ASN.

Karsono selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara yang ditugaskan sejak 1 Maret 2022, adalah bukan orang baru di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara. Daya ingat beliau masih sangat segar kepada wajah-wajah guru dan pegawai MTs Negeri 2 Banjarnegara, meskipun beliau telah menjadi Kepala Kemenag di Kabupaten tetangga sebelumnya. Dengan bukti bahwa beliau hafal dan mampu menyebutkan beberapa nama personil guru dan pegawai MTs Negeri 2 Banjarnegara sekaligus menyebutkan mata pelajaran yang diampu oleh guru yang disebutkan oleh beliau.

“Bertugas di tempat sendiri tidak bisa berpura-pura untuk menjadi baik, atau bahkan memakai topeng. Karena yang dihadapi adalah teman-teman saya sendiri,” ucapnya di awal pembinaannya.

Beliau mengingatkan bahwa sebagai ASN kita harus menjadi orang yang berperan penting di instansi tersebut, jangan malah masa bodoh atau apatis terhadap perkembangan dan kemajuan madrasah. Beliau mengibaratkan ASN sebagai penyelam.

“Setiap ASN diibaratkan sebagai penyelam yang akan melakukan diving di laut yang indah. Kemudian penyelam diberi tabung gas, untuk selanjutnya diberi tugas agar mengambil Mutiara yang sangat menarik dan indah. Apakah para penyelam itu bisa menunaikan tugasnya  untuk menghasilkan mutiara yang  indah? Belum tentu. Ada yang bersantai-santai melihat pasir yang menarik baginya, ada yang tertarik karena melihat pemandangan laut yang menakjubkan, tapi tidak sedikit yang menghasilkan Mutiara yang indah itu,” jelasnya

“ASN itu memposisikan dirinya sebagai ASN tergantung dari dirinya masing-masing. Semua kembali ke diri sendiri, apakah tabung gas akan dihabiskan percuma atau akan digunakan semaksimal mungkin. Tanpa perlu dijelaskan secara rinci pasti ASN bisa memahami apa yang saya sampaikan,” pungkas Kepala Kantor saat mengisi pembinaan. (nf/swp/rf)