Kemenag Pati Teken MoU Kerohanian Dengan RS. Fastabiq

Pati – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati dalam hal ini Kepala Kemenag, Ali Arifin menyambut baik kerjasama dalam bidang pelayanan kerohanian bersama dengan Rumah Sakit (RS) Fastabiq Pati.

Penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) dilakukan pada Selasa, (12/4/2022) di ruang kerja Kepala Kantor Kemenag antara pihak Direktur RS. Fastabiq yang diwakili Bina Rohani Siti Afriyanti dan Kepala Kantor Kemenag Pati Ali Arifin, dimana salah satu isi pada surat perjanjian tersebut yakni pihak RS. Fastabiq meminta layanan rohaniwan untuk pasien pada RS. Fastabiq, dengan maksud memenuhi kebutuhan rohani pasien dan keluarga sehingga pasien senantiasa mengingat Tuhan Yang Maha Esa dan bersikap tabah dalam menghadapi penyakitnya.

Diutarakan Siti Afriyanti, kerjasama tersebut sebagai salah satu upaya peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, bahwa selain tenaga medis pihaknya juga sangat membutuhkan tenaga rohaniwan. Menurutnya, faktor pemicu kesembuhan pasien tidak bisa hanya mengandalkan dari obat saja, tetapi siraman rohani sebagai salah satu bentuk motivasi.

Mewakli Direktur RS. Fastabiq, Afriyanti menambahkan, pihaknya menggandeng Kemenag sebagai salah satu mitra pelayanan terhadap pasien. Dia berharap dengan adanya pelayanan rohani, tingkat keberhasilan RS. Fastabiq dalam menyembuhkan penyakit bisa meningkat.

“Terlebih ketenangan hati para pasien juga diharapkan tercipta melalui wejangan para rohaniwan,” kata Afriyanti.

Pada kesempatan itu, Kepala Kemenag Pati menerima baik kerjasama rohaniwan yang ditawarkan dan menyampaikan bahwa peran Kemenag sebagai fasilitator atau penghubung antara rohaniwan dengan rumah sakit. Kemenag sebagai instansi resmi pemerintah bisa menjamin kualitas para rohaniwan yang nantinya ditugaskan. “Dengan senang hati kami terima kerja sama ini, semoga usaha kita bisa mendapat Rahmat Allah SWT,” ujar Ali Arifin.

Diakhir penandatanganan MoU yang disaksikan Kasubbag Tata Usaha dan Kasi Bimas Islam Kemenag Pati beserta jajaran pejabat, Kepala Kemenag Kab. Pati berharap agar kerjasama dalam pelayanan rohaniwan tidak hanya sebatas formalitas, namun mampu bertahan dan terus meningkat, sehingga apa yang menjadi tujuan bersama dapat tercapai dengan maksimal. (at/Sua)