Kepala Kankemenag Tutup Kegiatan Ramadhan MAN 1 Pati dengan Pembinaan

Pati Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pati menutup kegiatan Ramadhan tahun 1443 H dengan menggelar Pembinaan terhadap pendidik dan tenaga kependidikan madrasah setempat oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, bertempat di aula MAN 1 Pati pada Senin, (25/4/22).

Dengan tema Menggapai Kemulyaan dan Ketaqwaan di bulan suci Ramadhan 1443 H, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Ali Arifin menganjurkan untuk mentarget tadarrus Al-Qur’an untuk mengkhatamkan Al-Qur’an beberapa kali dalam bulan ramadhan.

“Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan kementerian agama wajib hukumnya juga menjalankan ibadah pada bulan suci ramadhan, lebih-lebih ibadah puasa karena ibadah puasa ini beda dengan ibadah-ibadah yang lain. Pahala puasa ini tidak terbatas dan Allah SWT yang akan membalasnya,” tutur Ali Arifin.

Lebih lanjut Kakankemenag menegaskan bahwa bulan ramadhan merupakan bulan training center bagi umat muslim dan bulan syawal merupakan bulan peningkatan ibadah umat muslim. “Sebagai muslim yang bertaqwa harus kita usahakan di bulan setelah ramadhan kita biasakan amalan-amalan ibadah kita ada peningkatan atau sama dengan amal ibadah di bulan suci ramadhan ini, jangan malah ada kemunduran dalam beribadah setelah bulan suci ramadhan,” tegasnya.

Pada akhir pembinaannya, Kakankemenag Pati menegaskan dan mengajak pendidik dan tenaga kependidikan MAN 1 Pati untuk disiplin dalam bekerja dan disiplin hanya karena pengawasan Allah SWT. “Jangan disiplin karena pengawasan dari atasan,” tegasnya.

Dia menuturkan konsep harta. “Harta adalah berupa nikmat Allah SWT yang menjadikan badan kita menjadi sehat wal afiyat dan dengan harta itu dapat mengantarkan anak-anak kita menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah yang dapat mendoakan kita setelah kita meninggal nanti,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Kepala MAN 1 Pati Amiruddin Aziz melaporkan kegiatan Ramadhan di MAN 1 Pati kepada kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati bahwa kegiatan Ramadhan tahun ini dihiasi dengan berbagai macam kegiatan yaitu: tadarrus al-Qur’an, Kajian kitab salaf, kajian hikmah ramadhan dan muhadharah bagi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan.

Amiruddin juga mengajak kepada para peserta pembinaan, untuk senantiasa menerangi lorong dan ruangan rumah dan madrasah kita dengan penerangan al-Qur’an “Nawwiru manazilakum bis-sholah wa qiraatil Qur’an”  artinya: terangilah rumahmu dengan shalat dan bacaan al-Qur’an. Dengan shalat dan bacaan Qur’an inilah yang akan menerangi keberhasilan langkah kita dalam mendidik peserta didik dan mengantarkan anak didik kita sukses baik didunia maupun diakheratnya,” pungkas Amiruddin Aziz.

Sebagaimana diketahui, MAN 1 Pati telah melaksanakan rangkaian kegiatan bulan suci ramadhan tahun 1443 H ini selama kurang lebih tiga minggu pada 4-25 April 2022 dengan beberapa kegiatan,  antara lain tadarrus Al-Qur’an, kajian hikmah ramadhan, muhadharah siswa dan bazar kitab salaf.

“Tadarrus Al-Qur’an, kajian hikmah ramadhan dan muhadharah siswa diikuti oleh sebanyak +400 peserta didik reguler. Sedangkan peserta didik boarding school mengikuti kegiatan  tadarrus Al-Qur’an baik murajaah maupun ziyadahnya, bazar kitab salaf sebanyak 6 macam kitab salaf yang terdiri dari Kitab Chasyiyah Abi Jamrah bersama ustadz Ahmad Sabiqin, Kitab Akhlaqul Banin bersama ustadz Abdul Azis, Kitab Mabadiul Fiqhiyah bersama ustadz Shofiyullah, Kitab Durusu Aqoidud diniyyah bersama ustadz Nur Fatoni, Kitab Al-Jurumiyyah bersama ustadz Fattahul Huda dan Kitab Amtsilatut Tasrifiyah bersama ustadz Nur Mukhlis,” papar Agus Rofiq selaku kepala program tafaqquh fid-din MAN 1 Pati.

“Kegiatan ini diisi dengan kajian hikmah ramadhan dan diakhiri dengan muhadharah santri boarding kelas X dan kelas XI yang diikuti sebanyak kurang lebih 275 santri. Alhamdulillah kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan sangat hikmad,” imbuh Agus.(ar-at/Sua)