Kepala KUA Ambal, Pelatihan Tilawah dan Tahfidz Upaya Mencetak Generasi Qur’ani

Kebumen – Al Qur’an diturunkan sebagai petunjuk bagi manusia dan pembeda antara yang benar dan yang salah. Demikian kalimat pembuka Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Ambal, Akhmad Kheroni menukil surat al Baqarah ayat 185, saat memberikan motivasi pada pelatihan rutin Tilawah dan Tahfidz, Jum’at (8/4/2022). Dilaksanakan di Masjid al Mustofa Desa Ambalresmi, Kec Ambal kegiatan diikuti sejumlah santri dan remaja masjid al Mustofa. Turut hadir dan mendampingi kegiatan ini para penyuluh Agama Islam Kecamatan Ambal.

“Kegiatan ini dilaksankan sebagai upaya mencetak generasi generasi Qur’an sekaligus mencari dan melatih ahli tilawah dan Tahfidz di kecamatan Ambal,” tutur Khaeroni.  

Menurut Kheroni, sebagai umat Islam, dalam menjalani kehidupan harus senantiasa berpedoman pada kitab suci Al-Qur’an. Membacanya barang satu huruf pun diyakini telah bernilai sepuluh pahala.

Untuk itu lanjutnya, dalam rangka regenarasi  khususnya bidang Tilawah dan Tahfidz al Qur’an  di wilayah Kecamatan Ambal perlu pemetaan. Sebab penting sekali generasi kita untuk dilatih dan dididik sejak dini agar paham kitab suci al Qur’an.

“Islam itu indah dan islam senang pada sesuatu yang indah.” ujarnya.

Disamping bernilai pahala, membaca Al Quran dengan tartil dan indah dapat memotivasi belajar al Quran, dan hal ini perlu ditanamkan, imbuhnya. Selanjutnya perlu dilakukan  pencarian bibit – bibit potensial di bidang tartil dan  tilawah  untuk mempersiapkan masa yang akan datang.

Oleh sebab itu lanjutnya, adanya kegiatan pelatihan tilawah ini sangat bermanfaat disamping menyemarakkan Ramadhan sebagai syiar, tetapi juga untuk regenarasi sekaligus sebagai wahana untuk melatih santri yang nantinya bisa diikutkan dalam event-event tertentu, misalnya MTQ tingkat Kabupaten Kebumen yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Pada bagiannya Slamet Riyadi Sami al Hafidz, pembimbing tahfidz al Qur’an  sekaligus Penyuluh Agama Islam Non PNS KUA Kec Ambal mengatakan, sebenarnya potensi tilawah dan tahfidz di Kec Ambal cukup besar, namun belum terorganisir dengan baik. Oleh sebab itu FKPAI KUA Ambal mulai th 2021 menginisiasi dengan mencoba membuka program Pelatihan tilawah dan tahfidz al Qur’an.

“Di Ambal sendiri melalui FKPAI bekerjasama Jam’iyyatul Qurra wal Huffazh Nadlatul Ulama (JQHNU)  kecamatan Ambal mulai tahun 2021 membuka program pelatihan tilawah dan tahfidz yang terpusat di dua titik. Yaitu di Masjid al Mustofa komplek KUA asuhan KH Ibrahim Zawawi dan di Desa Kradenan asuhan Ky Khozin.” jelasnya.

Selanjutnya program pelatihan tilawah dan tahfidz al Qur’an yang diadakan FKPAI KUA Ambal bekerjasama dengan JQHNU sesuai jadwal yang sudah dibuat rutin mengadakan  pelatihan setiap Jum’at sore jam 13.30 sampai selesai. Kegiatan diampu oleh oleh pengajar tilawah dan tahfid darI Penyuluh Agama Islam dan personal dari JQHNU wilayah Kec Ambal.(ar/fz/bf).