081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

MTs Tarbiyatul Banin Winong Pati Terima Penghargaan Madrasah Award

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Banin Winong Pati menerima anugerah piagam penghargaan dari Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah sebagai Pembina Utama dalam program Sahabat Madrasah Award Tahun 2021. Piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo didampingi oleh Kepala Kanwil Kemenag Jateng Musta’in Ahmad dalam acara Rapat Kerja Tahun 2022 jajaran Kanwil Kemenag Jateng, bertempat di The Sunan Hotel Solo, Selasa, (29/03).

Sebagai salah satu langkah mewujudkan Kemenag Jateng Majeng, Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad tengah gencar menggaungkan program Sahabat Madrasah, yang telah launching 2020 lalu. Sahabat Madrasah merupakan salah satu langkah mewujudkan Kemenag Jateng Majeng melalui peningkatan mutu pendidikan dengan mengembangkan potensi madrasah agar layanan pendidikan semakin membaik.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Kemenag Jateng menyampaikan selamat serta apresiasi kepada madrasah-madrasah penerima penghargaan Sahabat Madrasah Award tahun 2021 yang telah berprestasi di tingkat Nasional dan internasional, membina  madrasah-madrasah lain untuk dapat meningkatkan prestasinya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam arahannya sangat mengapresiasi kepada Kementerian Agama yang berpartisipasi aktif dalam menangani pandemi Covid di Jawa Tengah dan mengawal program moderasi beragama, demikian juga dalam memajukan pendidikan madrasah. “Banyak madrasah unggulan yang  hebat-hebat programnya seperti yang malam ini menerima penghargaan, ada unggulan Tahfidz, Sains, Olahraga, Akademik, Riset. Ini sangat penting untuk menghadapi  tantangan masa depan yang semakin kompleks,” ungkap Ganjar Pranowo.

Sementara, Kepala MTs Tarbiyatul Banin, Yusuf Hasyim menyampaikan terima kasih dan rasa bangga atas penghargaan yang diberikan kepada madrasahnya. “Alhamdulillah, kami satu-satunya madrasah swasta yang ditetapkan sebagai Pembina Utama Sahabat Madrasah Kemenag Jateng. Penghargaan ini kami dedikasikan untuk seluruh civitas academika MTs Tarbiyatul Banin, khususnya madrasah-madrasah Sahabat Sains Banin yang semakin berprestasi di tingkat Nasional dan Internasional. Kami berharap MTs Tarbiyatul Banin sebagai Madrasah unggulan Tahfidz dan Sains semakin berprestasi dalam memajukan pendidikan madrasah,” ujar Yusuf Hasyim.

Berdasarkan keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, ada lima madrasah yang menerima penghargaan Sahabat Madrasah Award tahun 2021 sebagai Pembina Utama yaitu MAN 1 Banjarnegara, MAN 2 Banjarnegara, MAN 1 Kudus, MTsN 1 Pati dan MTs Tarbiyatul Banin Winong Pati.

Ada tiga kategori Sahabat Madrasah Award; pertama, Sahabat Madrasah Pratama, yang mempunyai prestasi tingkat kabupaten/provinsi/nasional, madrasah mitra/binaan/imbas sekurang-kurangnya satu lembaga dan menjadi berprestasi akademik minimal tingkat kabupaten/kota;

Kedua, Sabahat Madrasah Madya yang mempunyai prestasi tingkat provinis/nasional, madrasah mitra/binaan/imbas sekurang-kurangnya dua lembaga, dan menjadi berprestasi akademik minimal tingkat provinsi;

Dan ketiga, Sahabat Madrasah Utama yang mempunyai prestasi minimal tingkat provinsi/nasional, madrasah mitra/binaan/imbas sekurang-kurannya tiga lembaga dan menjadi berprestasi akademik minimal tingkat provinsi/nasional.(yh-at/Sua)