Peringati Hari Bumi, MTsN 1 Pati Tanam Puluhan Pohon

Pati – Sebagai Madrasah Adiwiyata, MTsN 1 Pati melaksanakan kegiatan penanaman pohon dalam rangka memeringati Hari Bumi pada Jumat (22/4). Sebanyak 30 bibit pohon berjenis mangga, ketapang, dan krisanta ditanam di halaman Asrama Selatan MTsN 1 Pati.

Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, mengungkapkan bahwa peringatan Hari Bumi di MTsN 1 Pati ini dilaksanakan dengan menanam pohon. “Dalam rangka hari bumi, kita tanam tanaman yang bermanfaat bagi bumi agar buminya merasa senang. Akhirnya, memberikan manfaat kepada kita,” ungkap Ali Musyafak.

Kegiatan penanaman pohon melibatkan seluruh warga madrasah, mulai dari perwakilan siswa, guru, dan komite MTsN 1 Pati. “Seluruh warga madrasah harus terlibat di dalam menyejahterakan bumi ini,” jelas Syafak.

Lebih lanjut, Syafak menjelaskan bahwa kegiatan penanaman pohon ini sebagai salah satu ikhtiar untuk melaksanakan perintah Allah SWT dalam menjaga bumi. “Pertama, adalah perintah dari Allah SWT. Kita harus menjaga bumi ini. Jangan sampai hancur bumi ini,” tuturnya.

Selain itu, kegiatan ini merupakan implementasi sebagai Madrasah Adiwiyata. “Kedua, madrasah kita sudah menjadi madrasah adiwiyata. Sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga dan meningkatkan penanaman pohon agar bumi ini sejuk dan memberi manfaat untuk kita,” imbuh Syafak.

Syafak juga menambahkan jika dengan adanya penanaman pohon ini akan menjadikan lingkungan MTsN 1 Pati semakin sejuk dan rindang, sehingga  dapat terwujud madrasah yang ramah anak dan ramah lingkungan. “Harapan saya, madrasah kita semakin sejuk, semakin rindang, dan akhirnya menjadi idola masyarakat. Dengan adanya tanaman ini, masyarakat akan terayomi dan sejuk. Akhirnya, menjadikan madrasah ini sebagai rumah kedua mereka dan akan merasa nyaman berada di sini,” pungkasnya.

Kegiatan penanaman pohon ini mendapatkan respon positif dari Komite MTsN 1 Pati. “Sangat positif sekali kegiatan ini,“ tutur Anggoro Mustiko, Pengawas Komite MTsN 1 Pati. Ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan perwujudan salah satu visi madrasah, yaitu peduli lingkungan. “Kami dari komite, karena tahu persis bahwa visi MTsN 1 Pati di antaranya adalah peduli lingkungan. Inilah salah satu wujud dari visi MTsN 1 Pati. Komite mendukung sekali dengan kegiatan itu. Semoga bermanfaat untuk kita dan anak cucu kita kelak,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu siswa, Mufida Prima Fauziyah, mengungkapkan rasa senangnya dapat berpartisipasi dalam kegiatan penanaman pohon ini. “Saya senang dapat berperan aktif dalam penanaman pohon. Tujuannya untuk menjaga kelestarian lingkungan dan membantu mengurangi pemanasan global,” ucapnya. Ia pun mengajak teman-temannya agar lebih peduli terhadap lingkungan. “Selamatkan bumi kita dengan cara menanam pohon dan mengurangi sampah! Mari peduli lingkungan!” ajak Mufida.(TIM_at/Sua)