Perlunya Menjaga Adab Sesama Teman

Banjarnegara – Rabu (20/4) kultum kembali digelar di masjid Darul Ulum. Kultum ini rutin dilaksanakan setiap hari dengan petugas yang berbeda-beda. Ada yang bertugas perwakilan dari kelas masing-masing, ada juga yang bertugas perwakilan dari pengurus OSIM. Materi yang berbeda-beda setiap harinya tentu menambah pengetahuan dan wawasan bagi para pendengar kultum.

Kali ini Tsabita, pengurus OSIM MTs Negeri 1 Banjarnegara menyampaikan kultum bertajuk adab terhadap teman.

“Kita tentu punya teman baik di sekolah maupun di rumah. Untuk menjaga keharmonisan pertemanan ini kita harus menjaga adab terhadap mereka. Apa saja adab terhadap teman? Mari simak penjelasan saya.” kata Tsabita.

Adab terhadap teman menurut Tsabita ada 3:

Pertama, menolong ketika ada kesulitan. Dalam hidup manusia membutuhkan satu sama lain, tak terkecuali teman. Ketika melihat teman sedang membutuhkan pertolongan dan dirasa bisa membantu maka bantulah ia. Dengan memudahkan orang lain, Allah juga akan memudahkan urusan kita.

“Allah akan menolong hambanya selama hambanya itu mau menolong saudaranya.” (Hadis Riwayat Muslim).

Kedua, tidak berkata jorok atau kasar. Karena merasa sudah dekat dan akrab dengan teman terkadang lupa batasan hingga tidak sadar mengucap kata-kata yang tidak sepantasnya. Entah itu perkataan kasar yang menyakiti hati, atau perkataan jorok yang tidak sepantasnya diucapkan.

“Sesungguhnya Allah aza wa jalla tidak suka perbuatan keji dan perkataan yang kotor atau kasar.”(Hadis Riwayat Ahmad).

Ketiga, menjaga aibnya. Semua orang pasti memiliki aib, begitu juga teman. Mereka juga pasti memiliki aib. Terkadang saat kita marah, kita khilaf kemudian menyebarkan aib teman kita kepada orang lain.

“Hal ini tidak diperbolehkan karena menjaga aib orang lain adalah akhlak seorang muslim yang baik, hal ini seperti hadis nabi, yaitu barang siapa yang menutup aib seorang muslim niscaya Allah menutup aibnya di dunia dan di akhirat,” pungkasnya.

Demikian adab terhadap teman yang disampaikan Tsabita. Tsabita berharap tiga adab tersebut bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. (rin/ak/rf)