SE No 08 Th 2022, Bukti Hadirnya Pemerintah Dalam Penyelenggaraan Kegiatan Ibadah Ramadhan 1443 H

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Terbitnya Surat Edaran ( SE) Menteri Agama Nomor 06 Tahun 2022 tentang kegiatan Peribadatan/ Keagamaan di tempat ibadah pada masa PPKM level 1,2 dan 3 serta Penerapan Prokes dan SE No 08 Th 2022 tentang panduan penyelenggaraan ibadah pada bulan Ramadhan dan Idulfitri 1443 H, menjadi angin segar bagi umat Islam khususnya. Karena memberi ruang yang lebih longgar untuk melaksanakan kegiatan ibadah dan merayakan Idulfitri 1443 H. Hal itu disampaikan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ambal, Akhmad Kheroni saat memberikan ceramah di Masjid Hidayatur Rasyidin, Desa Kembangsawit, Kecamatan Ambal, Rabu (6/4/2022).

Dalam kesempatan tersebut, selain menyampaikan materi hikmah Ramadhan, Kheroni juga menjelaskan tentang kehadiran pemerintah melalui SE Menag dalam memberikan rambu rambu terkait pelaksanaan puasa dan penyelenggaraan kegiatan amaliah bulan Suci Ramadhan 1443 H. Diantaranya, penentuan awal Ramadhan, ketentuan peribadatan sebagaimana SE Menag dan bagaimana cara berkegiatan tanpa mengurangi hak kenyamanan dan ketentraman orang lain.

Di bulan Ramadhan lanjut Kheroni, tidak hanya sekedar melaksanakan rutinitas puasa, tetapi dianjurkan untuk mengisinya dengan memperbanyak amalan sunnah. “ Di bulan Suci ini rasanya kurang afdhal kalau hanya melaksanakan rutinitas ibadah wajib sholat lima waktu dan berpuasa disiang harinya, tapi diharapkan untuk lebih banyak mengisinya dengan mengerjakan amalan amalan sunnah.” ujarnya.

“Diantarannya shalat taraweh, tahajud, hajat serta shalat dhuha. Disamping itu juga memperbanyak membaca al Qur’an serta bersedakah dan beri’tikaf di masjid,” lanjut Khaeroni.

Khaeroni berharap semoga amaliah amaliah ibadah, baik wajib maupun sunnah yang dilakukan di bulan suci ini bisa menjadi pondasi untuk menapaki 11 bulan berikutnya dengan lebih baik lagi.

Kegiatan berlangsung antusias dihadiri kurang lebih 100 jamaah subuh Masjid Hidayatur Rasyidin. Mereka terlihat dengan seksama mendengarkan materi materi yang disampaiakan Kepala KUA Kec. Ambal berakhir menjelang jam 06.00 pagi.(ar/fz/bd).