Ujian Madrasah Berbasis Smartphone

MI Dewi Masyithoh 02 Banyumudal Moga Pemalang melaksanakan Ujian Madrasah Berbasis Komputer/Smartphone (UMBKS)

Hari pertama pelaksanaan Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2021/2022 11 April 2022 Madrasah Ibtidaiyah Dewi Masyithoh 02 Banyumudal melaksanakan Apel Bersama yang dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah Hj. Cholifah, S.Pd.I, M.Pd. yang diikuti oleh seluruh dewan guru, staf Tata Usaha dan siswa kelas VI bertempat di halaman madrasah.

Dalam arahannya, Kepala Madrasah menyampaikan bahwa pelaksanaan UM kali ini berbeda dengan UM sebelumnya. “Pelaksanaan Ujian madrasah di MI Dewi Masyitoh dilaksanakan dengan berbasis komputer/smartphone. Madrasah memfasilitasi kegiatan ini dari mulai perencanaan, proses hingga hasil nanti. Semua perangkat ujian dipersiapkan agar pelaksanaan UM ini berjalan lancar. Dalam pelaksaannya, bagi siswa yang mempunyai smartphone, pihak madrasah memperbolehkan untuk ujian menggunakan smartphone masing-masing dengan menggunakan jaringan internet berbasis CBT dari madrasah. Namun, bagi siswa yang tidak mempunyai smartphone, siswa dipersilahkan untuk mengikuti ujian dengan menggunakan komputer dan jaringan internet berbasis CBT yang telah disediakan ”, kata Cholifah.

Moh. Nurudin, Ketua Panitia Ujian Madrasah, mengatur peserta ujian untuk masuk ke ruang ujian dengan tertib. Siswa yang melaksanakan ujian dengan Komputer dipersilahkan untuk masuk ke ruang ujian 1 dan bagi siswa yang mengikuti ujian dengan smartphone maka dipersilahkan masuk ujian ke ruang 2, 3 dan 4. Peserta ujian dari MI Dewi Masyitoh yang berjumlah 65 siswa mengikuti proses ujian ini dengan penuh antusias dan semangat karena ini merupakan sesuatu yang baru bagi mereka. Syaza, salah satu peserta UM, mengatakan bahwa dia sebenarnya merasa grogi sebelum mengikuti UM, namun dia telah belajar dengan tekun dan telah mengikuti arahan panitia UM bagaimana cara mengikuti dan mengerjakan soal. “ Ternyata setelah mengikuti UM berbasis komputer/smartphone, saya berhasil dan tidak merasa kesulitan saat mengerjakan soal sehingga saya merasa senang” imbuh syaza.

Siswa MI Dewi Masyithoh 02 Banyumudal Moga sedang mengerjakan ujian menggunakan smartphone


Pada kesempatan itu pula, pelaksanaan UM di madrasah ini tepantau langsung oleh Pengawas Madrasah, Ubaedullah, S.Pd. I, yang mengunjungi langsung ke lokasi ujian. “ Saya sangat mendukung pelaksanaan UM di madrasah ini. Saya juga merasa bangga bahwa madrasah sudah bisa berinovasi untuk melaksanaan Ujian dengan berbasis komputer dan smartphone. Semoga ini bisa menjadi gebrakan baru dan langkah maju bagi madrasah hebat bermartabat” kata Ubaedullah.

Dia menambahkan bahwa pelaksanaan UM ini harus bisa dihadapi dengan senyuman. Ini bermaksud sesuatu yang baru terkait dengan teknologi sebaiknya dihadapi dengan perasaan senang sehingga akan menjadi suatu kebiasaan yang baik dan bermanfaat.(mn/rf).