Sosialisasi Penyelesaian Dokumen Haji 1443 H/2022 M

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes melalui seksi PHU mengadakan Sosialisasi Penyelesaian Dokumen dan Perlengkapan Haji dan persiapan manasik Haji tahun 2022, Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Kemenag Brebes, Jumat (13/05/2022). Acara ini dihadiri perwakilan Jamaah calon haji Kabupaten Brebes keberangkatan tahun 2022 sebanyak 130 orang.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, H. Fajarin, M.Pd., menyampaikan bahwa dokumen haji sangat penting. “Dokumen haji merupakan berkas yang sangat penting bagi jamaah haji. Dokumen ini yang digunakan sebagai petunjuk identitas seorang jamaah ketika berada di Arab Saudi. Beberapa di antaranya seperti paspor, DAPIH (daftar administrasi perjalanan ibadah haji), Visa, buku kesehatan dan bukti Vaksin miningitas dan Covid-19, dokumen kesehatan, dan berbagai dokumen penting lainnya,” ujar Fajarin.

“Terkait dengan pelaksanaan ibadah haji, tahun 2022 kabupaten Brebes  mendapatkan kuota sebanyak 476 Jemaah Calon Haji, dan yang sudah konfirmasi keberangkatan dengan kemampauan secara istitoah sebanyak 469 orang JCH dengan dokumen perlengkapan haji sudah disiapkan,” imbuh H. Fajarin.

“Atas nama pemerintah kami sampaikan permohonan maaf, karena belum bisa memberangkatkan jamaah haji di tahun 2020 dan 2021 yang lalu. Hal ini karena adanya pandemi Covid-19. Namun, pada tahun ini pelaksanaan ibadah Haji sudah siap untuk diberingkatakan khusus Indonesia mendapatkan 98 ribu lebih JCH. Semoga ibadah hajinya dapat menjadi haji yang mabrur,” lanjutnya.

Sementara itu, Kasi PHU, Hj. Julaecha, menyampaikan teknis pengelolaan dokumen haji dan hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan mengingat masa persiapan yang cukup sempit, dimana pada tanggal 04 Juni 2022, merupakan kloter pertama setiap embarkasi akan di berangkatkan, hingga saat ini manasik haji baik kabupaten dan kecamatan baru kan dilaksanakan pada tanggal 17-20/05/2022 dan untuk manasik kabupaten akan dilaksanakan pada 24-25/05/2022.

Untuk keperluan tersebut diharapkan seluruh  ASN Seksi PHU, Kepala KUA Sekab, Brebes dan KBIHU yang akan memberangkatkan JCH agar sesegara mungkin mempersiapakan pelaksanaan manasik dengan seefektif mungkin. dengan harapan setiap JCH mengerti dan memahami baik syarat, rukun dan wajib haji sehingga dalam pelaksanaanya nanti dapat menjadi haji yang mandiri, dan predikat sebagai haji mabrur dapat dicapai.

Untuk dapat mencapai haji mambrur setiap JCH harus mulai mempersiapkan fisik dan kesehatan mengingat ibadah haji tidah hanya ibadah rohaniah saja tetapi ibadah fisik juga. Untuk protokol kesehatan, lanjutnya, Jamaah haji wajib telah melakukan vaksin Covid-19 minimal 1kali, dan sudah suntik imunisasis meningitis.

Acara diakhiri dengan himbauan dan pengecekan aplikasi peduli lindungi yang ada di ponsel setiap jamaah haji, serta membuat akun, bagi yang belum memiliki akun tersebut.(Hid/Sua)