Asyiknya Class Meeting MTs N 1 Pekalongan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Pekalongan – Penialaian Akhir Tahun telah usai. Selama 7 hari mulai dari tanggal 2-9 Juni 2022, peserta didik berlelah-lelah membuktikan hasil belajarnya selama ini. Kini saatnya warga  MTs Negeri 1 Pekalongan merefresh hati, pikiran, dan raganya yakni dengan mengikuti Class meetting untuk kelas VII dan VIII.

Kegiatan class meetting yang biasanya diisi dengan pertandingan olahraga antar kelas, tahun ini diisi dikemas dalam bentuk kegiatan lomba bidang Seni dan keagamaan (Hafalan asmaul husna, tartil & tilawah)  antarkelas. Kegiatan ini dimulai pada Kamis, 16 Juni dan akan berakhir pada Rabu, 22 Juni 2022.

Kegiatan ini diadakan dengan harapan agar peserta didik MTs N 1 Pekalongan tetap dan terus mengasah bakatnya di bidang seni dan dan keagamaan (hafalan asmaul husna, tartil & tilawah).

Kegiatan lomba pentas seni dilaksanakan  antar kelas, dilaksanakan Kamis, 16 Juni dan jumat, 17 Juni 2022. Jenis lombanya yaitu kreativitas seni dengan tampilan karya seni bebas dari cabang seni suara dan seni tari. Peserta lomba yaitu perwakilan kelas dari kelas 7 ada 6 kelas dan kelas 8 ada 8 kelas. Jadi semuanya berjumlah 14 penampilan karya seni. Yang menjadi dewan jurinya adalah Guru seni Budaya sad Titi Setyowati, S.Pd dan Khomsatun Khasanah, S.Pd.

Untuk kegiatan lomba keagamaan MTQ dilaksanakan Sabtu, 18 Juni 2022, dengan dewan juri Siti Musyiam, S.Ag. dan Cipto Waluyo, S.Pd. Lomba tartil Qur’an dilaksanakan pada Senin, 20 Juni 2022 dengan dewan juri U. Sa’id, M.Pd.I. dan Umi Nadiroh, S.Pd.I. masing-masing berlangsung sehari.

Sedangkan Lomba hafalan Asmaul Khusna dilaksanakan selama dua hari yaitu Selasa, 21 Juni 2022 dengan dewan juri Nur Khamidah, S.Pd.I dan maria Ulfa, S.Pd menilai tampilan-tampilan kelas 8. Untuk tampilan hafalan Asmaul Khusna kelas 7 dilaksanakan Rabu, 22 Juni 2022.

Emi Shofana, S.Pd, M.Pd.I selaku waka kesiswaan menjelaskan bahwa kegiatan setelah PAT selesai MTs N 1 Pekalongan mengadakan Class Meeting yang akan dipandu langsung oleh guru kesenian dan Pembina keagamaan. 

“Alhamdulillah Penilaian Akhir tahun telah usai dengan sangat baik dan tanpa kendala apapun dan sekarang para guru dan walikelas sedang mengerjakan  nilai raport. Maka dari itu, untuk mengisi kekosongan jadwal belajar yang telah usai, seperti rutinitas setiap akhir semester kami adakan Class Meeting , kali ini  yang di lombakan bidang seni dan keagamaan, kegiatan  akan dilaksanakan selama 6 hari 16-22 Juni 2022”, jelas Emi.

Kepala MTsN 1 Pekalongan Drs. H. Mukhlisin, Dip.Ed memaparkan kegiatan class meeting adalah Kegiatan ini digunakan sebagai wadah untuk unjuk kebolehan dan prestasi. Tentu dengan adanya kegiatan class meeting ini, setiap individu ataupun kelas memiliki harapan tinggi untuk mengikuti dan memperebutkan gelar juara.yang mempertemukan antar kelas dalam berbagai pertandingan dan perlombaan untuk mengisi waktu luang setelah PAT.

“Adapun tujuan dari kegiatan ini diantaranya adalah untuk mengetahui dan menyalurkan bakat dan minat serta keahlian peserta didik baik dibidang seni/budaya, dan keagamaan, sehingga yang berprestasi nanti bisa diikutkan pada lomba-lomba atau ajang-ajang berikutnya,” ungkapnya.

Kepala madrasah menambahkan kegiatan class meeting juga bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi sesama peserta didik dan guru dan untuk menambah keakraban antar siswa serta melatih mental bersaing dan sportifitas dalam perlombaan.

“Semoga gelaran class meeting ini dapat bermanfaat bagi peserta didik dan dapat menjadi wadah dalam mengembangkan bakat dan minat mereka.” pungkasnya. Kejuaraan class meeting akan diumumkan hari Kamis, 23 Juni 2022 setelah kegiatan sholat Dhuha bersama. (IY-US/Ant/rf).