Jamaah Kloter 29 Banyumas, Lakukan Olah Raga Di Lorong Hotel

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Makkah : Ibadah haji merupakan ibadah yang sebagian besar berupa kegiatan fisik , dimana jamaah haji setiap harinya harus melakukan perjalanan panjang, kegiatan ibadah yang  padat, dan seringkali harus  berpindah tempat sehingga dibutuhkan stamina tubuh yang prima. oleh sebab itu Jamaah disarankan untuk terbiasa dan sering berolahraga ringan melakukan peregangan serta  berjalan kaki , Rabu (29/06)

Hal ini yang dilakukan oleh Jamaah haji kloter 29 asal Banyumas , mereka diajak rutin berolahraga peregangan di lorong-lorong hotel yang mereka tempati di Mekkah sebagai upaya edukasi untuk tetap membiasakan pola hidup sehat.

Dipandu oleh petugas Kloter mengajak seluruh jamaah untuk melakukan peregangan dengan menggunakan video panduan yang diambil dari youtube sehingga tidak  perlu narasumber olah ragawan.

Ketua kloter 29 Ibnu Asaddudin menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan supaya otot-otot jamaah kembali normal, karena mereka telah melakukan banyak kegiatan beberapa hari ini sehingga perlu memperbaiki otot-ototnya.

“ Kegiatan olah raga ini bisa dilakukan dua kali seminggu  untuk kembali melemaskan otot-otot tubuh yang kaku , hal ini juga untuk memantau serta membiasakan  budaya minum dengan program minum massal. Setiap jam jamaah harus minum minimal 200 mili liter supaya terhindar dari dehidrasi, TKHI pun selalu menyarankan jamaah agar menggunakan APD pada setiap kegiatan.”  Terang Ibnu.

“ Kegiatan spiritual pada saat ibadah Haji membutuhkan kelenturan yang tinggi untuk mendukung sholat, dan membutuhkan daya tahan jantung paru yang cukup untuk mendukung kegiatan jalan kaki terutama pada saat thawaf dan sa’i. Dengan demikian persiapan fisik sebelum menunaikan ibadah Haji perlu dikelola dengan sungguh-sungguh, disamping persiapan mental spiritual,” terangnya lebih lanjut. (yud/rf)