Kelas Prestasi MTsN 5 Magelang Ikuti Outing Class

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Sebagai bentuk realisasi program kelas prestasi yang sudah direncanakan pada awal tahun ajaran 2021-2022 yaitu melaksanakan kegiatan outing class praktik ibadah haji di Firdaus Fatimah Zahra, Semarang. Kegiatan tersebut diikuti siswa-siswi kelas prestasi VII dan VIII MTsN 5 Magelang, Kamis (16/6/2022). Sebenarnya kegiatan itu merupakan kedua kalinya pelaksanaan program outing class di kelas prestasi. Pada bulan Desember 2021 kegiatan studi sains, ilmu pengetahuan, dan teknologi juga telah dilaksanakan berlokasi di Taman Pintar, Yogyakarta.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Magelang, H. Muh. Nursahid, mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan outing class kali ini untuk mendekatkan siswa dengan lingkungan, mempermudah pemahaman materi dengan replika yang mendekati objek sesungguhnya dalam ibadah haji. Menurut beliau outing class ini merupakan media yang paling efektif dan efisien dalam menyampaikan pengetahuan yang tidak hanya teori saja, tetapi juga praktik di lapangan.

Para siswa sangat antusias karena mereka baru pertama kali melihat replika yang mendekati kesamaan dengan objek yang sesungguhnya. Dari awal masuk, siswa sudah disambut dengan megahnya gerbang utama Firdaus Fatimah Zahra. Selanjutnya, tiket masuk sebagai bentuk replika paspor digunakan untuk mengikuti kegiatan praktik ibadah haji yang dipandu oleh seorang pemandu dari petugas Fatimah Zahra.

Di samping sebagai proses pembelajaran praktik, outing class merupakan kegiatan studi sejarah bagi siswa-siswi kelas prestasi VII dan VIII yang berjumlah 64 siswa. Siswa diajak mengunjungi objek yang mempunyai nilai sejarah di dalamnya, yaitu Lawang Sewu yang berlokasi di Semarang. Supriyatno Widodo, Direktur Kelas Prestasi MTsN 5 Magelang menuturkan bahwa tujuan kunjungan untuk mendapatkan informasi mengenai asal-usul dibangunnya sebuah bangunan. Diharapkan mereka bisa berkontribusi untuk ikut melestarikan bangunan tersebut.

Masjid Agung Jawa Tengah menjadi objek selanjutnya untuk mengenalkan tempat ibadah umat Islam yang berarsitektur campuran Jawa, Romawi, dan Islam. Para siswa semakin takjub dengan daya tarik lain dari masjid, yaitu Menara Al Husna atau Al Husna Tower setinggi 99 meter.

 “Kegiatan outing class ini akan terus dilaksanakan di tahun-tahun selanjutnya, khususnya bagi siswa kelas prestasi. Tempat dan objek yang berbeda di sekitar wilayah Jawa Tengah, khusunya menjadi arena belajar di luar kelas. Diharapkan di tahun-tahun selanjutnya, minat siswa baru yang masuk di kelas prestasi semakin meningkat,” tutur Kamad MTsN 5 Magelang.(Rini-FS/Rf)