Pembekalan Bagi 14 Kafilah MTQ Kabupaten Banyumas, Tumbuhkan Mental Juara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas H. Aziz Muslim , S.Ag. M.Pd.I didampingi oleh Plh. Kabag Kesra Setda Kabupaten Banyumas Didit Hermawan, S.Sos. , Sub Koordinator Bina Mental Sepiritual Kesra Setda Kabupaten Banyumas Achmad Suhib Junaedi . S.Sos , M.Si , Kasi Bimas Islam Afifuddin Idrus , S.Ag. M.Pd.I membuka kegiatan Pembekalan terhadap 14 Kafilah MTQ Kabupaten Banyumas pada MTQ XXIX Tingkat Propinsi Jawa Tengah bertempat di De Garden Purwokerto. Rabu (29/06)

Hadir dalam acara tersebut 14 Kafilah , 6 orang Official , pelatih/pembina 6 orang , staff Kesra Setda Kabupaten Banyumas , staff Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas.

MTQ ke XXIX Tingkat Provinsi Jateng akan diselenggarakan di kota Semarang tanggal 22 – 25 Juli 2022 diikuti oleh 35 kabupaten kota se Jawa Tengah. Kabupaten Banyumas hanya mengikuti dua cabang lomba yaitu Tilawah dan hafalan Al Quran,
Junaedi menjelaskan terkait lomba MTQ ini Kabupaten Banyumas hanya mengikuti dua mata lomba yaitu Tilawah dan hafalan Al Quran , untuk hafalan Al Quran Banyumas mengikuti 5 golongan yaitu 1 Juz , 5 juz, 10 juz , 20 juz dan 30 juz .

“ Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pembekalan kepada Kafilah, Pelatih pendamping dan official serta memberikan motivasi dalam pelaksanaan lomba MTQ di Semarang besok. Harapannya untuk bisa mendapatkan hasil yang memuaskan , syukur dapat menjadi juara umum MTQ ke XXIX ditingkat provinsi dan maju ketingkat nasional.” Jelasnya.

Dalam sambutannya Aziz Muslim berharap mudah-mudahan di Kabupaten Banyumas ini muncul banyak kader kader muda yang mencintai Al Quran dengan menjadi hafidz hafidzoh dan qori qoriah, meskipun saat ini dimana mana krisis qori dan qoriah.

“ Alhamdulillah Sekarang antusiasme di madrasah – madrasah sudah mulai menggeliat ,yakni ada di beberapa madrasah Tsanawiyah sudah mulai mengadakan kelas unggulan Tahfidz dan ektra kurikuler qiroah . Semoga ini menjadi langkah awal yang baik , menumbuhkan semangat untuk mencintai Al Quran dan semangat untuk menghapal Al Quran dikalangan siswa semakin meningkat.” Terang Aziz.

Harapannya pasca pembinaan bareng ini ada kegiatan intensif pendampingan dari para pelatih, official dimasing-masing cabang untuk pendalaman sekaligus tes , menyiapkan fisik , latihan nafas yang benar biar nafasnya kuat dan Kafilah ini harus tetap menjaga stamina .
“ Kami mengapresiasi dan mudah-mudahan kafilah yang mewakili kabupaten Banyumas mendapatkan juara, tetap optimis , semangat dan jangan minder. Berlomba dan memohon ridlo Allah untuk mendapatkan yang terbaik,” pungkasnya.

Yassir peserta dari Ponpes Al Falah Bobosan peserta yang mengikuti lomba cabang hafalan Al Quran 30 Jus menyampaikan bahwa untuk menghadapi lomba ini proses latihan dirumah semakin ditambah dan semakin intensif dibawah bimbingan pelatih, harapannya bisa menjadi juara dan mendaptkan yang terbaik bagi kabupaten Banyumas.(yud/rf)