Program Keterampilan MAN Kendal Raih Prestasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Partisipasi MAN Kendal dalam ajang Lomba dan Expo MA Plus Keterampilan Tingkat Nasional tahun 2022 berhasil membawa pulang 3 piala sekaligus. Kegiatan diselenggarakan bersamaan dengan Rakornas MA Plus Program Keterampilan se-Indonesia pada tanggal 22 – 24 Juni 2022 di MAN Bangkalan Jawa Timur ini meliputi beberapa agenda yaitu Rakornas Kepala MA Plus Keterampilan, Sosialisasi Kurikulum Merdeka dalam relevansinya dengan Program Keterampilan, lomba kejuruan dan expo.

Bersaing dengan 100 peserta dari MA se-Indonesia yang menyelanggarakan program keterampilan. Tahun ini merupakan kali pertama diadakan lomba bidang kejuruan yaitu robotik, tata busana, cinematografi dan lomba expo. Tak mau melewatkan momen MAN Kendal sebagai salah satu MA Plus Keterampilan di Jawa Tengah, ambil bagian dalam acara tersebut. Dengan peserta 15 orang, terdiri dari Unsur Pimpinan (Kepala, Ka TU dan Wakamad), guru keterampilan, siswa peserta lomba robotik dan tata busana.

Dukungan penuh diberikan Kepala MAN Kendal, Muh Asnawi sebagai penyelenggara madrasah plus keterampilan untuk percepatan pencapaian madrasah mandiri berprestasi berkelas dunia kegiatan ini memberi kesempatan madrasah berinovasi dan berkreasi, Jumat (24/6).

β€œIni kesempatan bagus untuk kita tampil di ajang nasional, dengan keunggulan di bidang ketarampilan yakni robotik dan tata busana yang kita bawa sebagai bentuk pengembangan bakat dan minat siswa dalam mengembangkan program unggulan sesuai potensi yang dimiliki,” terangnya.

Akhirnya MAN Kendal tidak pulang dengan tangan kosong, melainkan menenteng 3 piala dengan perolehan hasil lomba sebagai berikut :

  • Lomba Robotik, yaitu Line Follower Digital, lomba ini diikuti oleh 2 siswa Jurusan Teknik Audio Video (TAV) kelas XI MIPA-3 yaitu M. Imam Hakim dan Hafidz Atsran Muhammad, dengan pembimbing Achmad Lutfiana Afifudin. Dalam lomba ini Tim robotik MAN Kendal yang diberi nama B-Race menyabet penghargaan juara III kategori Best Speed .
  • Lomba Tata Busana, lomba tata busana yang diberi nama Fashion Drapping ini diikuti oleh 3 siswa Jurusan Tata Busana kelas X IPS-2, yaitu Dista Laely Listiyani, Amita Nailah Dewi dan Adjeng Fitriyani Devira Dewi, dengan Pembimbing Ibu Istiyanti, S.Pd.I dan Nur Aviva, A.Md. Dalam ajang ini TIM Tata Busana MAN Kendal memperoleh Juara I kategori Best Creative.
  • Expo / Pameran, dalam Expo ini Program Keterampilan MAN Kendal menampilkan beberapa produk dan hasil praktik siswa Tata busana, khususnya aneka ragam hasil batik. Juga hasil praktik siswa TAV, diantaranya aneka lampu display, robotik dan Smart Home dengan sensor handphone.

Dengan prestasi yang diraih tersebut MAN Kendal akan terus berupaya mengembangakan potensi siswa

sesuai slogan Madrasah hebat bermartabat yang harus menjadi inspirasi secara menyeluruh, bukan hanya hebat di fisiknya saja, tetapi jauh lebih hebat dari sisi Sumber Daya Manusia, baik tenaga pendidik maupun Tenaga Kependidikan dan peserta didik. (NY/bel/rf)