Sinergi FKPAI Kalibening dengan Instansi Pendidikan Tingkatkan Wawasan Keagamaan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kecamatan Kalibening Kabupaten Banjarnegara, mengadakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan SMP Negeri 2 Kalibening. (13/05/2022). Kesepakatan kerjasama tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari hasil rapat koordinasi internal FPAI KUA Kalibening satu bulan yang lalu.

Koordinator FKPAI Kalibening, Laeli Maria Ulfah menyampaikan pentingnya edukasi dari perspektif agama bagi setiap peserta didik. Sebab hal tersebut berpengaruh pada kualitas pendidikan yang bagian dari indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM). 

“Dari sisi agama tentu menjadi pondasi spiritual, penyeimbang  intelektual, penguat emosional, penyelaras moral, dan penyejuk terhadap tingkat ketangguhan seseorang. Setelah melakukan identifikasi wilayah, observasi, dan pendataan, kami FKPAI KUA Kalibening akan memberi pelayanan program BTA, Tata Cara Ibadah Islam, Motivasi, dan Pembinaan Moralitas Remaja (Edukasi Bahaya Pernikahan Dini, NAPZA, dan seks bebas) kepada siswa-siswi SMP Negeri 2 Kalibening,” ungkap Laeli Maria Ulfah.

Sebelumnya, Guru PAI SMP Negeri 2 Kalibening, Winarni Wahyuningsih sudah lama memikirkan bagaimana caranya untuk meningkatkan kualitas wawasan agama dan solusi supaya tidak terjadinya kembali siswa yang keluar gara-gara menikah dini.

“Saya resah memikirkan bagaimana baiknya untuk anak-anak yang belum lancar mengaji. Sementara jam PAI tidak seberapa. Selain itu ada kasus siswa yang keluar karena menikah. Kedatangan Ibu dan Bapak PAI KUA Kalibening ke sini, menjawab keresahan saya. Sempat saya berpikir apa bekerjasama dengan tokoh agama setempat, belum sampai komunikasi dengan mereka. Alhamdulillah saya senang karena panjenengan semua datang ke sini,” tuturnya.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Kalibening, Toto Raharjo menyetujui terkait MoU FKPAI KUA Kalibening tersebut dan merespon positif serta mendukung program-program tersebut untuk kemaslahatan bangsa.

“Sebelumnya saya ucapkan terimakasih. Tentang MoU saya setuju karena program-program yang ditawarkan dalam MoU tersebut sangat relevan dengan kondisi di lapangan dan kami pihak sekolah siap mendukungnya,” ucap Toto Raharjo.

Pelaksanaan program-program yang telah disepakati bersama mengikuti jadwal sekolah yakni mulai tahun ajaran baru  dan durasi waktu sesuai kesepakatan. Semoga hal-hal tersebut bisa berjalan lancar, sukses terus, berkah selalu, dan berdampak baik bagi kualitas SDM khususnya bagi siswa-siswi SMP Negeri 2 Kalibening.(Penyuluh/Sua)