Bupati Magelang Launching Duta Kita, Usai Nikah Langsung Dapat Identitas Kependudukan Baru

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Launching program Dua Tanda Ikatan Cinta (Duta Kita) yang merupakan inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang dilakukan oleh Bupati Magelang, Zaenal Arifin pada Senin, (11/07/2022).

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, inovasi harus terus ditingkatkan dalam melayani masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan kolaborasi dan sinergitas elemen Pemerintah. Hal tersebut disampaikan Zaenal Arifin dalam kegiatan yang dilakukan secara hybrid melalui zoom meeting dari Rumah Dinas Bupati Magelang dan disiarkan langsung melalui youtube.

Zaenal menyampaikan bahwa perkembangan teknologi sudah sangat luar biasa. Pemerintah harus melakukan terobosan dan inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik. Peningkatan kerja Pemerintah sangat diharapkan masyarakat.

Sejalan dengan hal tersebut, salah satu kegiatan pelayanan terhadap masyarakat yaitu pencatatan administrasi, baik pencatatan kelahiran, kematian maupun proses-proses lainnya yang melibatkan administrasi kependudukan. Hal tersebut disampaikan Zaenal terkait dengan tugas Disdukcapil.

”Pencatatan administratif dilakukan dalam rangka melaksanakan tugas-tugas konsititusi yang melindungi masyarakat, hal tersebut harus dilakukan dengan prima,” ungkap Zaenal.

Duta Kita merupakan pelayanan penerbitan dokumen kependudukan untuk penduduk Kabupaten Magelang yang baru menikah. Inovasi dalam setiap pelaksanaannya melibatkan pihak Disdukcapil Kabupaten Magelang yang menerbitkan dokumen kependudukan serta pihak KUA yang memberikan pelayanan pencatatan pernikahan.

”Masyarakat cukup mendaftarkan pernikahan di KUA setempat, selanjutnya akan mendapatkan KTP dan KK dengan status yang baru. KK dan KTP yang baru akan dikirim ke rumah sesuai dengan alamat yang tercantum di dalam KK,” katanya.

Terkait dengan hal tersebut, Zaenal menekankan perlu adanya komitmen dan evaluasi serta koordinasi yang erat antara Disdukcapil Kabupaten Magelang dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang. Kelanjutan program Duta Kita dibutuhkan Sosialisasi dan Edukasi kepada masyarakat agar program ini berjalan dengan lancar.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, H. Panut hadir di Rumah Dinas Bupati Magelang. ”Kemenag Kabupaten Magelang melalui KUA siap mensukseskan dan mensosialisasikan program Duta Kita kepada masyarakat,” paparnya.

”Selama ini KUA sudah melaksanakan program Duta Kita, kita terus melakukan evaluasi serta kita sampaikan kepada pihak Dukcapil terkait kendala dan permasalahan yang ada sehingga bisa kita perbaiki bersama,” tuturnya.

Sementara itu, di hotel Grand Artos Magelang pada hari dan jam yang sama diselenggarakan pertemuan antara Camat se-Kabupaten Magelang dan Kepala KUA se-Kabupaten Magelang. Dalam kegiatan tersebut peserta mengikuti Launching Duta Kita melalui zoom meeting dan dilanjutkan Sosialisasi Duta Kita.

Dalam sosialisasi yang dipandu oleh Sekretaris Disdukcapil, Idam Laksana membahas secara teknis pelaksanaan Duta Kita. Pembahasan mengenai kendala serta evaluasi Duta Kita disampaikan baik oleh pihak Kepala KUA Kecamatan ataupun dari Camat demi perbaikan program tersebut. Diharapkan sinergitas tersebut dapat tercipta dengan baik agar kerja sama dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat secara makasimal. (FS/rf)