Sinergitas UPZ Kankemenag Kota Semarang dalam Pengelolaan Zakat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Cholidah Hanum selaku Ketua, menyampaikan dalam mengelola zakat, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Semarang selalu berkoordinasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Semarang. Hal ini disampaikannya dalam rapat koordinasi (rakor) semester I UPZ Kankemenag  Kota Semarang, yang digelar di Rodjo Resto, Senin (25/7/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus dan penasihat UPZ Kankemenag Kota Semarang, serta perwakilan muzaki Kankemenag Kota Semarang.

Dalam laporannya Hanum menyampaikan, pentasarufan zakat, pengelolaan dana operasional amil, serta inovasi apa saja yang telah dilakukan oleh UPZ Kankemenag Kota Semarang, selama 6 bulan pertama di tahun 2022.

Selain itu, ia menyampaikan kerja sama yang telah dilakukan oleh UPZ Kankemenag Kota Semarang. “Pada bulan Ramadhan kemarin, UPZ berkerja sama dengan Yayasan Yatim Mandiri, memberikan bantuan bingkisan kepada anak-anak yatim di lingkungan Kankemenag Kota Semarang,” tuturnya.

“Pada Hari Raya Idul Adha 1443 H, kami juga bekerja sama dengan BSI (Bank Syariah Indonesia), BAZNAS Pusat dan BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji), menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban,” sambungnya.

“Selain itu, kami juga bekerja sama dengan BAZNAS Kota Semarang dalam mengikutsertakan para penyuluh agama Islam nonPNS dan tenaga nonPNS se-Kota Semarang dalam BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan,” imbuhnya.

Pada rakor tersebut, Hanum juga menyampaikan, mengagendakan kegiatan sosial pada  bulan Muharam dan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77. “Kami merencanakan akan melaksanakan santunan kepada anak yatim dan peduli difabel pada bulan Muharam dan HUT RI. Tahun kemarin dalam rangka HUT RI ke-76, UPZ Kankemenag Kota Semarang membagikan 760 paket APD (Alat Perlindungan Diri) berupa masker, vitamin, dan hand sanitizer, kepada pegawai dan masyarakat sekitar. Selain itu UPZ juga bekerja sama dengan BAZNAS Kota Semarang melaksanakan penyemprotan ke-16 masjid se-Kota Semarang,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hanum juga menyampaikan apresiasinya kepada amil zakat dan juga rekan-rekan keuangan yang telah ikut membantu dalam pengelolaan keuangan UPZ Kankemenag Kota Semarang.(Hanum/NBA/bd)