Siswi MTsN 1 Pati Gondol Juara 1 MTQ XXIX Tingkat Jawa Tengah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Siswi MTsN 1 Pati, Durrotun Asyifa Baizurman, berhasil membawa pulang predikat juara I Cabang Hafalan Al-Qur’an Golongan 1 Juz dan Tilawah dalam Ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah di Semarang pada 22-25 Juli 2022.

Seksi Unggulan Seni MTsN 1 Pati, Moh. Sururi Ma’ruf, menjelaskan bahwa Lomba MTQ XXIX Tingkat Jawa Tengah merupakan kelanjutan dari MTQ tingkat kabupaten yang diselengggarakan pada 29 September 2021. “Setelah lolos seleksi tingkat Kabupaten Pati, Syifa mengikuti Trainer Central di Lembaga Pelatihan Tilawatil Quran (LPTQ) dan simulasi untuk mempersiapkan dan meningkatkan kemampuannya. Di samping itu, Syifa juga mengikuti pelatihan khusus bersama tim pelatih yang ditunjuk Pemda dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati,“ ungkapnya.

Dihubungi secara terpisah, Syifa, merasa bersyukur setelah dinobatkan sebagai juara 1 Cabang Hafalan Al Quran Golongan 1 Juz dan Tilawah Ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tingkat Jawa Tengah. “Alhamdulillah, saya sangat senang karena mendapat kesempatan untuk selalu mengasah bakat di bidang MTQ. Apalagi Ketika memperoleh juara pasti ada kepuasan batin tersendiri dan menjadi lebih semangat lagi,” kata Syifa.

Dengan capaian prestasi yang diraih, Syifa mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak madrasah, guru pembimbing, guru pendamping, kedua orang tua, dan Tim Kreatif MTsN 1 Pati  yang telah mendukungnya dalam mengikuti event perlombaan. “Tak lupa saya ucapkan beribu-ribu terima kasih kepada MTsN 1 Pati, Ustadzah Zulaikah selaku guru pembimbing, guru-guru pendamping, kedua orang tua saya, dan khususnya Tim Kreatif yang selalu support saya dalam mengikuti event-event perlombaan,” tandas Syifa.

Lebih jauh, Syifa memohon doa agar dapat terpilih untuk mengikuti MTQ Umum Tingkat Nasional di Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang akan diselenggarakan pada 10-19 Oktober 2022. “Mohon doanya semoga besok bisa terpilih untuk mengikuti MTQ Umum Tingkat Nasional di Kalimantan Selatan,” pintanya.

Sebelumnya, siswa yang duduk di bangku kelas delapan ini telah memperoleh kejuaraan sebanyak sebelas kali di bidang MTQ, antara lain Juara 1 Tilawah Virtual Tingkat Kabupaten Pati Dalam Ajang Semarak Tahun Baru Islam 1443 H Lazefa, Juara 2 Tilawah Al-Quran Tingkat Kabupaten Pati Golongan SMP/MTs Putri, Juara 2 MTQ Umum Tingkat Kabupaten Pati Cabang Hafidz Al-Qur’an Golongan 1 Juz dan Tilawah Putri, Juara 1 MTQ Online Tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Pati yang diselenggarakan oleh KKN UIN Semarang, Juara 1 MTQ Tingkat Jateng dan DIY dalam ajang Santrinesia Festival, Juara favorit Tingkat Jateng dan DIY dalam ajang Santrinesia Festival, Juara 1 Tilawah MA Abadiyah, Juara 1 Virtual Competition Tingkat Jateng dan DIY, Juara 2 Lomba MAPK Fair Tingkat Nasional, Juara 3 MTQ OASE Assalam Tingkat Nasional, dan Juara 1 MTQ I-FUN MAN IC Serpong Tingkat Nasional.

Menanggapi kabar prestasi yang berhasil diraih oleh anak didiknya di tingkat provinsi, Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, mengungkapkan jika awal tahun pelajaran ini sangat menggembirakan. “Awal tahun pelajaran ini sangat menggembirakan karena salah satu siswa MTsN 1 Pati dapat berkontribusi mempersembahkan yang terbaik untuk Kabupaten Pati dalam MTQ XXIX Tingkat Jawa Tengah. Semoga bisa bertahan di tingkat nasional,” tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa prestasi di bidang MTQ di tingkat Jawa Tengah merupakan bukti komitmen MTsN 1 Pati untuk istiqomah di jalur prestasi, baik akademik maupun nonakademik.  “Prestasi ini merupakan bukti komitmen MTsN 1 Pati untuk istiqomah di jalur prestasi, baik prestasi akademik maupun nonakademik yang pada akhir tahun pelajaran kemarin mencapai sebelas ribu lebih medali,” imbuhnya. Tak lupa, Syafak mengucapkan terima kasih atas kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas civitas akademika MTsN 1 Pati dalam mendukung Syifa. “Selamat dan terima kasih kepada Mbak Syifa, pembimbing, dan orang tuanya,” tutur Syafak.(TiM/at/Sua)