Kakankemenag Motivasi Tim MYRES MTsN Surakarata 1

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta-Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Surakarta, H. Hidayat Masykur, S.Ag., Msi.   memotivasi 2 Tim Madrasah Young Competition Research (MYRES) MTsN Surakarta 1 yang lolos pada babak penelitian.  Kegiatan tersebut berlangsung dari pukul 13.00 – 14.30 di Ruang Kakankemenag pada Rabu (10/08/2022). Dua tim MYRES MTsN 1 didampingi Kepala Madrasah (Kamad) dan guru pembimbing menerima motivasi dan arahan yang sangat bermanfaat untuk tim.

“Sebelumnya, kami mengucapkan terima kasih pada Bapak atas waktunya untuk memberikan arahan dan motivasi  pada Tim MYRES MTsN Surakarta 1. Selain itu, kami juga mohon doa restu agar Tim kami diberi kemudahan dan kelancaran di babak penelitian dan menjadi juara di tingkat nasional,” tutur Nurul Qomariyah, Kamad MTsN Surakarta 1 saat mengawali kegiatan.

Kakankemenag Kota Surakarta memberikan apresiasi yang tinggi atas capaian Tim MYRES MTsN Surakarta 1 hingga babak penelitian. “Capaian ini sebagai langkah awal yang luar biasa karena kedua Tim MYRES  telah berhasil  menyingkirkan ribuan proposal lain,“ puji Hidayat Masykur. “Modal menulis ada 2, yaitu: tulis apa yang kita tahu dan cari tahu apa yang kita tulis,” tambah Hidayat Masykur. Menurutnya hal tersebut merupakan modal penting dalam menulis.

Dalam kesempatan tersebut, Hidayat Masykur juga memberikan beberapa fasilitas berupa kemudahan proses penggalian informasi berupa perizinan dari instansi atau dinas terkait. “Kami akan membantu perizinan untuk dinas dan instansi yang terkait dalam penelitian tersebut,” jelas Hidayat Masykur. “Tidak hanya perizinan, kami juga siap membantu memberikan referensi yang dibutuhkan oleh Tim MYRES MTsN Surakarta 1 apabila referensi tersebut ada di kantor,” tambah Hidayat Masykur.

Kegiatan motivasi berlangsung menyenangkan karena Kakankemenag memberi motivasi, arahan, dan saran dengan ramah. Beliau merupakan sosok yang humble dan ramah sehingga anak- anak tidak merasa canggung. Beliau meminta anak-anak tidak sungkan untuk bertanya dan menyampaikan pendapatnya.  “Adakah saran atau referensi dari Bapak tentang judul penelitian untuk Tim MYRES tahun berikutnya yang judul penelitian tersebut dapat mendukung program Kementerian Agama?” tanya Shafiya Evelyn, Tim MYRES. Hidayat Masykur memberikan referensi tema penelitian untuk tahun berikutnya yaitu tentang Masjid Agung  atau masjid yang di bawah Keraton Kasunanan Surakarta. “Sekarang banyak masjid yang bergeser kepemilikannya. Masjid yang semula milik instansi atau keraton bergeser menjadi milik perorangan. Dulunya masjid-masjid ada kentongan dan bedug, sekarang sudah jarang kita temui. Hal itu menarik untuk diteliti,” tambah Hidayat Masykur. “Alhamdulillah, terima kasih atas motivasi, arahan, dan bimbingan Bapak. Semoga yang Bapak sampaikan dapat menambah semangat Tim MYRES. Hari ini, kami juga mendapatkan banyak wawasan. Semoga dengan bekal motivasi hari ini dapat membawa Tim MYRES MTsN Surakarta menjadi juara di tingkat nasional,” harap Nurul Qomariyah menutup kegiatan siang itu. (Tim Jurnalis/ Diana/May/bd)