KSM Sarana Memperteguh Akhlak Mulia, Kreatif dan Inovatif

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) jenjang MI, MTs dan MA sebagai wahana membangun gairah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah kembali menyapa. KSM diselenggarakan pada 13 – 15 Agustus 2022. KSM tingkat kota Surakarta dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta selaku tuan rumah penyelenggara, diawali dengan pembukaan pada Sabtu (13/8/2022) bertempat di aula lantai 2 MAN 1 Surakarta, dilakukan secara blended ceremony (daring dan luring). Acara pembukaan dihadiri oleh kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta Hidayat Maskur beserta jajaran dari unsur pengawas madrasah, kepala MA, MTs, dan MI. Pada penyelenggaraan KSM tahun ini juga diikuti sekolah negeri di kota Surakarta.

Kompetisi jenjang MA dan SMU berlangsung secara luring bertempat di laboratoriun CBT MAN 1 Surakarta dengan peserta sejumlah 129, mengerjakan soal dengan basis CBT yang dibagi dalam 3 sesi dengan total berjumlah 6 mapel. Persiapan bimbingan yang dilakukan peserta dan pembimbing sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum perlombaan berlangsung. Hal ini memberikan harapan untuk memberikan yang terbaik serta terus belajar sehingga dapat membawa nama baik sekolah dan ilmunya tetap bermanfaat bagi orang sekitar.
” Kejuaraan bukan tentang harus menang namun menunjukkan yang terbaik maka itulah kejuaraan yang sejati,” ujar Hidayat Maskur selaku kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta.
Hidayat Maskur menambahkan bahwa dengan menggali pedoman yaitu Al Qur’an dan hadits dapat di implementasikan dalam bidang sains sehingga terwujud dunia seisinya yang saling bersinergi dan saling mengisi.

Para peserta memiliki kesan yang positif mengenai perlombaan KSM yang berjalan kondusif dan menarik. Ananta dan Taufiq utusan dari MA Al Muayyad Surakarta mengatakan setelah melaksanakan lomba terasa aura yang mendebarkan karena merasa memiliki tanggung jawab membawa nama sekolah.
“Kami bersemangat karena membawa nama sekolah. Seru dan menarik karena dapat saling mengenal teman baru dari berbagai sekolah,” ujar keduanya di sela-sela kegiatan. Melalui KSM diharapkan dapat memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.(FJ/my)