Pokjaluh Kankemenag Kota Magelang Bagikan 80 Paket Sembako Murah Untuk Dhuafa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang -Pokjaluh Kankemenag Kota Magelang hari ini bagikan 80 paket sembako murah untuk dhuafa. Acara yang dihadiri oleh seluruh Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) dan Penyuluh Agama Islam Non PNS ini dilangsungkan di kediaman Hj. Djumanto RT 01 RW 03 Kampung Dukuh Kelurahan Magelang Kecamatan Magelang Tengah, (Jum’at, 26/8).

Karomah PAIF KUA Magelang Tengah, sebagai motor penggerak santunan menyampaikan bahwa kegiatan yang telah berjalan selama 2 tahun ini dilatar belakangi oleh keprihatinan rasa kepedulian terhadap dampak ekonomi bagi jama’ah kerena pandemi Covid-19 melanda.

“Sengaja kami tidak memberikan sembako gratis, akan tapi memberi sembako murah. Hal ini kami lakukan bukan tanpa alasan. Mereka hanya dikenakan membayar separo dari nilai sembako yang diterimanya. Hasil dari penjualan sembako murah tersebut kami belanjakan lagi, kemudian kami sedekahkan lagi untuk jama’ah lain yang membutuhkan, sehingga santunan ini bisa secara terus menerus berjalan,” terang Karomah.

“Disetiap Jum’atnya ada 4 majlis taklim yang secara bergiliran mentasyarufkan masing-masing 20 paket sembako murah. Awalnya, hanya diperuntukkan bagi internal jama’ah majlis taklim saja, namun saat ini telah kami perluas cakupannya untuk siapapun yang membutuhkannya, termasuk untuk non muslim sekalipun,”imbuhnya.

Kegiatan santunan ini menjadi salah satu program Pokjaluh Kankemenag Kota Magelang yang di lakukan dengan berkesinambungan sebagai wujud kepedulian sosial bagi masyarakat. Dalam tausiahnya Ketua Pokjaluh selalu mengingatkan dan memotivasi jama’ah agar untuk gemar bersedekah, menyisihkan rezekinya untuk berbagi kepada sesama.

“Hadirin semua harus yakin, bahwa ketika bersedekah rizki kita tidak akan berkurang, namun sebaliknya, justru Alloh SWT akan melipatgandakannya. Alloh juga akan melimpahkan keberkahan bagi kita yang ringan tangan dalam bersedekah,” tegas Shanti Maharanti.

“Sedekah itu menjadi pembuka pintu rezki, penyembuh segala penyakit, penghapus dosa, memanjangkan umur, penolak bala, menenteramkan hati, dan masih banyak kemanfaatan lainnya. Pendek kata, mari bersegera dalam bersedekah, syukur-syukur bisa menjadi amalan rutin. Dengan berbagi terhadap sesama, Insya Alloh kita akan digolongkan sebagai sebaik-baik hamba karena bermanfaat bagi orang lain,” anjurnya kemudian.

Usai do’a penutup, paket sembako murah kemudian dibagikan kepada jama’ah yang hadir. Setelahnya, seluruh penyuluh agama Islam baik PNS maupun Non PNS menyebar dan membagikan paket sembako murah dari rumah ke rumah sesuai daftar yang ada.

Secara periodik dan berurutan, Pokjaluh Kankemenag Kota Magelang menyambangi ke majlis-majlis taklim binaanya. Selain untuk menyemangati, hadirnya Pokjaluh ini juga untuk mempercepat kemandirian majlis taklim sehingga mampu berkontribusi dalam mewujudkan masyarakat Kota Magelang yang sejahtera dan religius.(Karomah/Hari/rf).