Karanganyar – Selasa, 23 Agustus 2022, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Wiharso didampingi Pramubakti Bimas Hindu Kab. Karanganyar  mengunjungi Pura yang mendapat bantuan Rehab di tahun 2022 ini baik Bantuan dari Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia maupun dari Bimbingan Masyarakat Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Pura-pura tersebut berada di dua Kecamatan, diantaranya Kecamatan Jenawi yaitu Pura Giri Loka di Desa Trengguli, Pura Kalisodo di Desa Anggrasmanis, Pura Agung Mahendra Jati di Desa Anggrasmanis. Kemudian, di Kecamatan Ngargoyoso yaitu Pura Tunggal Ika dan Pura Dukuh Sumbersari.

Dari kelima Pura tersebut 2 diantaranya bantuan pembangunan Talud, 1 bantuan Padmasana, 1 bantuan pembangunan Pasraman dan 1 pembangunan infrastruktur Pura.

Dalam kunjungannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar berpesan, “Diupayakan ini air jangan sampai masuk ke dalam, karena bisa mengikis taludnya, nanti malah terjadi longsor lagi,” pesan Wiharso.

Drs. H. Wiharso, MM., sangat mengapresiasi umat Hindu karena sudah mengalokasikan bantuan dengan baik dan selesai tepat waktu, dan meminta supaya umat Hindu turut menjaga kerukunan antar umat maupun dengan umat yang beragama lainnya.

“Pemberdayaan umat yang sudah berjalan di Pura terus dikembangkan supaya kemandirian ekonomi umat di Pura ini lebih baik,” tutur Wiharso kepada Ketua Kelompok Pemberdayaan Umat di Pura Dukuh Sumbersari.

Wiharso juga berpesan kepada pengurus Pura Kalisodo, untuk segera mengurus sertifikat Pura dari Akta Wakaf.

“Nanti akan dilakukan pendampingan dari Kantor Kemenag Kra, karena saat ini Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar dan BPN Kabupaten Karanganyar juga sedang ada percepatan tanah wakaf, maka segera saja diurus,” pungkas Wiharso.

Wiharso menekankan setelah penerimaan bantuan dan pelaksanaan pembangunan, maka laporan pertanggungjawaban juga segera di susun. Supaya baik dalam pelaksanaan dan administrasi semua bisa berjalan dengan baik.(ida/sua).

Tampil Sebanyak : 32