1539 Santri LPQ se-Kota Semarang Ikuti Ujian Bersama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Tahun ini Badko LPQ Kota Semarang kembali menggelar Ujian Bersama bagi santri LPQ se-Kota Semarang. H. Anam selaku Ketua Panitia menuturkan, ada 1539 santri yang mengikuti ujian tersebut, dan 390 diantarnya melakukan ujian ulang. “Ujian Bersama yang kami gelar selama hampir 1 bulan ini merupakan ujian kali ke-2 pada tahun 2022. Total seluruh peserta 1539 santri, dan 390 yang mengulang,” terangnya, Minggu (25/9/2022) di kantor sekretariat Badko LPQ Kota Semarang.

“Rangkaian ujian telah dilaksanakan sejak awal September 2022, dan hari ini merupakan hari terakhir (25/9/2022), dengan materi Dinul Islam,” imbuhnya.

Ia menerangkan, meskipun kasus pandemi Covid-19 di Kota Semarang telah menurun, tetapi guna kebaikan bersama, maka ujian dilaksanakan secara daring. “Ujian masih kami selenggarakan secara daring, hal ini sesuai dengan amanah program kerja Badko LPQ Kota Semarang tahun ini,” ujarnya.

Menimpali apa yang disampaikan H. Anam, Nurul Yakin selaku salah satu Dewan Pengawas Ujian mengatakan, pandemi Covid-19 memberikan hikmah tersendiri bagi ustadz-ustadzah LPQ. “Pelaksanaan ujian secara online ternyata ada hikmahnya, paling tidak ustadz-ustadzah semakin melek IT. Kami dituntut tahu teknologi, mampu memanfaatkan gadget dan laptop untuk pembelajaran dan penugasan bagi santri,” ungkapnya yang diamini oleh H. Agus Haryadi selaku Dewan Pengawas Ujian lainnya yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Badko LPQ Kota Semarang.

Secara lebih detail, H. Anam menjelaskan tentang teknis pelaksanaan Ujian Bersama, dimana para santri mengikuti kegiatan tersebut dari LPQ masing-masing. “Para santri memang mengikuti ujian secara online menggunakan aplikasi google form, akan tetapi meraka tetap dikumpulkan dalam satu majelis di LPQ masing-masing. Guna pemantauan pelaksanaan ujian, para peserta dan panitia terhubung dengan menggunakan zoom meeting. Jadi anak-anak harus tetap terlihat secara keseluruhan dalam satu frame camera zoom,” terangnya.

Ia berharap kegiatan Ujian Bersama bagi santri LPQ se-Kota Semarang akan terus bisa dilaksanakan secara rutin berkala guna menjaga kualitas pembelajaran di LPQ Kota Semarang.(Agus Haryadi/NBA/bd)