Intip, Serunya Latihan Tari Saman MTs N 2 Banjarnegara

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Tari Saman merupakan tarian yang berasal dari suku Gayo dan biasanya ditampilkan dalam suatu perayaan penting di suatu peristiwa adat. Syair pada tariannya juga mempergunakan bahasa-bahasa Gayo. Selain itu tarian ini juga kerap ditampilkan saat merayakan hari raya kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Dalam rangka rapat pleno Komite MTs Negeri 2 Banjarnegara yang akan diselenggarakan Sabtu 3 September 2022. Rangkaian acara sudah tertata rapi, salah satu sajian tarian dari peserta didik kelas VII dibawah bimbingan Endah Wahyuningsih .

Endah Wahyuningsih menyampaikan persiapan latihan tari Saman .

“Tari saman ini nanti persembahan dari peserta didik kelas VII berjumlah 10 peserta, sudah beberapa kali latihan terus untuk menyempurnakan gerakan-gerakan tangan,” ungkap Endah Wahyuningsih Senin(1/9).

“ Tari adat asal Aceh satu ini mempunyai makna tertentu, dimana makna Tari Saman terkandung pada pola lantainya. Pola lantai yang digunakan yakni horizontal, vertikal, Para penari harus duduk membentuk garis lurus ke arah samping sambil berbaris. Inilah yang merupakan simbol manusia sebagai makhluk sosial. Sementara, pada gerakannya sendiri, ada pula yang mengandung simbol sebagai penghormatan terhadap Nabi Muhammad SAW,” tambahnya

Sementara itu Siswo Purnomo selaku Panitia rapat Pleno Madrasah sangat memberikan apresiasi kepada peserta didik yang giat dalam latihan tari Saman.

“Teruslah berlatih dan tetap semangat untuk menyempurnakan semua gerakan tangan dan kepala,” ungkap Siswo Purnomo. (ws/ak/rf)