Jadi Piloting AKMI Tahun 2022, Mandabara Adakan Asesmen Dua Gelombang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Mandabara (MAN 2 Banjarnegara) menggelar AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) di laboratorium komputer bagi peserta didik yang ditunjuk pada Senin, (19/9). Kegiatan AKMI  ini merupakan tindak lanjut dari ditunjuknya Mandabara sebagai salah satu Madrasah Aliyah di antara 25 Madrasah Aliyah se – Jawa Tengah yang menjadi Madrasah Piloting AKMI Tahun 2022 oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Penunjukkan tersebut menjadi sebuah tantangan bagi Mandabara untuk menyukseskannya sampai selesai. Ridlo Pramono, selaku Kepala Madrasah menyampaikan pihaknya akan berusaha secara maksimal mengenai kegiatan ini.  “Alhamdulillah, kami ditunjuk sebagai Madrasah Piloting AKMI Tahun 2022 oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah. Tentunya akan kami siapkan dan laksanakan dengan sebaik-baiknya, mengingat setiap kabupaten hanya satu MA yang ditunjuk dalam kegiatan ini,” terangnya.

Pelaksanaan AKMI di Mandabara dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan selama dua hari yaitu hari Senin, 19 September 2022 dengan materi literasi membaca dan literasi sains. Hari kedua, Selasa, 20 September 2022 materinya adalah literasi numerik dan survei karakter. Dalam sehari, AKMI juga dibagi dalam  dua sesi. Sesi pertama pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai yang diikuti oleh peserta didik dari kelas XI MIPA 1 sampai dengan XI MIPA 4 sejumlah 13 orang. Pada sesi kedua yang dilaksanakan pukul 10.00 WIB diikuti oleh 23 orang dari kelas XI MIPA 4 sampai dengan XI IPS 1. Untuk gelombang kedua sendiri rencananya digelar pada Rabu dan Kamis, 21 dan 22 September 2022.

Imam Heri Purnomo, selaku wakil Kepala Madrasah Bidang Humas menyampaikan jika penunjukkan peserta sendiri merupakan kebijakan dari pusat. “Alhamdulillah tadi berjalan dengan lancar. Untuk penunjukkan jumlah dan siapa saja yang mengikuti AKMI itu dari pusat yang menunjuk. Kita tinggal melaksanakan saja,” tutupnya. (ta/rf)