Kepala Madrasah Dan Kaur TU MAN Purbalingga Diserahterimakan

Plt. Kepala MAN Purbalingga To’in Asngad menandatangani Berita Acara Serah Terima Jabatan Kepala MAN Purbalingga disaksikan pejabat terlantik H. Prihantoro Achmad dan Kepala Kankemenag Purbalingga H. Muhammad Syafi’.

Purbalingga – Dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purbalingga menggelar kegiatan Serah Terima Jabatan Kepala dan Kaur Tata Usaha MAN Purbalingga di gedung lantai 2 madrasah setempat, Rabu (7/9/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga H. Muhammad Syafi’, Kasubbag TU H. Sarif Hidayat, Pengawas MTs/MA Suratmo, perwakilan Pengurus Kelompok Kerja Kepala Sekolah, perwakilan Kelompok Kerja Kepala Madrasah, Komite dan jajaran pendidik MAN Purbalingga, Komite dan jajaran pendidik MAN 2 Wonosobo, serta Kepala MAN Purbalingga dan Kepala Urusan Tata Usaha (Kaur TU) MAN Purbalingga yang baru dilantik.

Penandatangan Berita Acara Serah Terima Jabatan Kepala MAN Purbalingga dari Plt. Kepala MAN Purbalingga To’in Asngad kepada Kepala MAN terlantik Prihantoro Achmad disaksikan Kakankemenag Purbalingga. Sedangkan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan Kaur Tata Usaha dari Plt. Kaur TU Wisnu Sudarman kepada pejabat baru terlantik Dwita Setiyani disaksikan Kepala Kantor dan Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama kabupaten Purbalingga.

Plt. Kaur TU Wisnu Sudarman menandatangani Berita Acara Serah Terima Jabatan Kepala Urusan Tata Usaha MAN Purbalingga disaksikan pejabat baru Dwita Setiyani, Kasubbag TU H. Sarif Hidayat dan Kakankemenag Purbalingga H. Muhammad Syafi’.

Kakankemenag H. Muhammad Syafi’ dalam sambutannya pengarahannya memberikan ucapan selamat bekerja dan mendoakan agar pejabat yang baru dilantik dapat menjaga amanat. Ia juga menyampaikan ciri – ciri pemimpin yang baik berdasarkan sebuah hadis Nabi Muhammad saw.

“Sebaik-baik pemimpin bagi kamu adalah orang yang kamu cintai dan ia mencintai kamu. Ia mendoakan kamu kebaikan dan kamu mendoakan baginya kebaikan. Sebaliknya, sejelek-jelek pemimpin bagimu adalah orang yang kamu benci, dan ia pun pun membenci kamu sekalian. Kamu mendoakan kejelekan baginya dan ia pun mengharapkan bagimu kejelekan,” ungkapnya.

Ia pun berharap agar kebiasaan dan budaya yang baik di MAN Purbalingga dapat diteruskan. Di antaranya seperti adanya majelis dzikir (mujahadah) sebagaimana ada pada saat MAN Purbalingga dipimpin oleh Moh. Alwi sebelum dirinya memasuki masa purna tugas.

“Ambillah segala sesuatu yang baik dan bermanfaat dari manapun ia berasal,” pesannya.

Terkait banyaknya prestasi yang ada di MAN Purbalingga Kakankemenag Muhammad Syafi’ meminta Kepala MAN Purbalingga yang baru menjabat dapat meneruskan dan meningkatkan prestasi di waktu-waktu berikutnya. Menurutnya, prestasi MAN Purbalingga selama ini merupakan hasil kerja sama yang baik dari seluruh pihak baik peserta, guru, Kepala Madrasah dan stake holder lainnya. Ia pun meminta para pendidik di MAN Purbalingga untuk terus istiqomah.

“Istiqomah di sini maksudnya ajeg, tetap dalam kebaikan. Namun dalam keajegan tersebut harus ada dinamika, jadi tidak stagnant. Tetapi harus dinamis,” jelasnya.

Ia menambahkan, seorang pemimpin dalam memecahkan suatu permasalahan tidaklah harus sendirian.

“Jadi harus ada kerja sama dengan berbagai pihak lainnya. Intinya harus ada kerja sama yang harmonis,” imbuhnya.

Kepala Kankemenag Purbalingga H. Muhammad Syafi’ menyampaikan sambutan pengarahan.

Bangun Sinergi

Plt. Kepala MAN To’in Asngad usai melakukan serah terima jabatan menyampaikan ucapan permohonan maaf atas kinerjanya selama menjabat. Ia berharap Kepala MAN Purbalingga terlantik dapat segera bersinergi dengan jajaran pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri satu-satunya di Purbalingga tersebut.

“Ini dalam rangka untuk mewujudkan kemajuan madrasah melalui visi MAN Purbalingga yaitu  tangguh berkompetisi, unggul berprestasi, mulia dalam budi pekerti,” ujarnya.

To’in juga meminta dukungan moril dan doa untuk keberhasilan Tim MYRES MAN Purbalingga yang akan mengikuti seleksi memasuki grand final dan melakukan presentasi pada 25 September 2022.

Kepala MAN Purbalingga H. Prihantoro Achmad dalam perkenalannya menyampaikan, pelantikan dirinya sebagai Kepala MAN Purbalingga merupakan tugas yang ketujuh kalinya. Menurutnya, dirinya merasa bersyukur ditempatkan di MAN Purbalingga. Menurutnya, hal tersebut antara lain terinspirasi dengan keistimewaan MAN Purbalingga yang memiliki program kelas unggulan. Dan inspirasi tersebut telah diterapkannya dan sukses mendongkrak jumlah peserta didik di beberapa Madrasah Aliyah Negeri yang pernah dipimpinnya.

“Saya tidak punya apa-apa dan tidak bisa ngapa-ngapa. Tanpa kerjasama dan kekompakan yang baik tidak mungkin akan mewujudkan kemajuan dan keberhasilan. Maka mari bersama-sama kita satu komitmen untuk mewujudkan kemajuan bagi MAN Purbalingga,” ajaknya.

Prihantoro juga meminta doa, dukungan dan kerja sama yang baik dari seluruh jajaran pendidik dan tenaga kependidikan di MAN Purbalingga agar dirinya dapat bekerja dengan aman, tentram dan maksimal.

“Mohon kerja samanya, jika saya melenceng tolong diluruskan,” pesannya.

Di akhir sambutannya Prihantoro menyampaikan ucapan selamat kepada Plt. Kaur TU MAN Purbalingga yang telah dilantik menjadi Kasi PAIS pada Kankemenag Purbalingga.* (sar / bd)