KSM Upaya Meningkatkan Daya Pengetahuan Sains Terintregasi Bagi Siswa Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Grobogan – Kementerian Agama Kabupaten Grobogan melaksanakan program lomba Kompetensi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi, bertempat di Aula Kemenag Grobogan selama 2 hari, Sabtu dan Minggu, (10-11/9/22).

Kepala Kemenag, Imron, dalam membuka acara menyampaikan bahwa Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Adapun pelaksanaan KSM 2022 untuk tingkat MI diikuti 6 siswa, MTs ini diikuti oleh 9 siswa dan MA diikuti 18 siswa se-kabupaten Grobogan dengan 33 siswa, baik  dari negeri maupun swasta.

“Kegiatan ini merupakan sebuah wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. Maksud dan tujuan dari lomba tersebut adalah untuk mengetahui dan meningkatkan daya pengetahuan sains yang terintregasi terhadap beberapa mata pelajaran sesuai jenjang pendidikan tingkat madrasah. Adapun lomba KSM dimulai dari tingkat kabupaten/kota. Hasil dari kompetensi yang berprestasi ditingkat kabupaten maka akan di tindaklanjuti ke tingkat Provinsi dan Nasional,” ungkap Imron.

Lebih lanjut, beliau mengungkapkan, bahwa sejak awal digelar tahun 2012, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi. Mulai tahun 2018 KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam.

“KSM dilaksanakan dengan tujuan menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains. Selain itu, KSM juga berjutuan untuk memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama,” jelasnya.

Kepala Kantor Kemenag juga memberikan motivasi kepada seluruh siswa-siswi yang mengikuti KSM tingkat kabupaten agar bersemangat, teliti dan jujur.

“Dengan mengikuti lomba KSM akan menjadi tolak ukur madrasah dalam mengembangkan bakat serta minat peserta didik di bidang sains di madrasah ini,” tuturnya.

Adapun Bidang yang Dilombakan dalam KSM 2022 Jenjang MI atau SD, Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi, Jenjang Mts atau SMP, Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi,  IPS Terpadu Terintegrasi. Jenjang MA atau SMA, Matematika Terintegrasi,  Fisika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi Ekonomi Terintegrasi, Kimia Terintegrasi,  Geografi Terintegrasi.(bd/Sua)