MAN Purbalingga Raih Peringkat 10 Besar UTBK MA Se- Jateng

Ucapan selamat dari Kakankemenag Purbalingga H. Muhammad Syafi’ dan Kasi Pendidikan Madrasah H. Sudiono.

Purbalingga – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan daftar 1000 Sekolah Terbaik yang ditentukan berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Penentuan rating Top 1000 sekolah tahun 2022 secara nasional.

Berdasarkan Statistik UTBK Tahun 2022, dari 23.657 sekolah yang mengikuti UTBK se-Indonesia tercatat ada 745.115 siswa yang menjadi peserta. Adapun nilai Saintek (Jurusan Sains dan Teknologi) tertinggi yaitu 830,98 diperoleh dari jurusan IPA. Sedangkan pada bidang Soshum (Sosial dan Humaniora) diperoleh nilai tertinggi yaitu 786,17.

Plt. Kepala MAN Purbalingga To’in Asngad dalam keterangannya Rabu (31/8/2022) menjelaskan, pada penilaian tersebut MAN Purbalingga menempati posisi 796 dari puluhan ribu SMA / MA yang mengikuti UTBK di Indonesia.

“Alhamdulillah MAN Purbalingga di tingkat nasional meraih posisi 796, dan untuk jenjang MA secara nasional berada pada posisi 66. Sedangkan di tingkat Provinsi Jawa Tengah MAN Purbalingga menempati peringkat 164 untuk SMA/MA dan untuk jenjang MA se-Jawa Tengah juga menempati peringkat 10,” ujarnya.

Ia menambahkan, anugerah rating Top 1000 sekolah tahun 2022 merupakan wujud dari LTPMT memperlihatkan akuntabilitas penyelenggaraan UTBK SBMPT yang dilaksanakan pada setiap tahun ajaran baru.

“Kita wajib bersyukur kepada Allah yang telah memberikan kesempatan untuk selalu berkompetisi dalam kebaikan. Namun jangan sampai kita lengah terbuai dengan prestasi rating Top 1000 sekolah tahun 2022. Karena ini sebenarnya penyemangat atau reward bagi para siswa atas kesemangatan belajar di MAN Purbalingga ini,” imbuhnya.

Salah satu suasana di laboratorium MAN Purbalingga dalam Simulasi UNBK saat dikunjungi Pengawas MA Suratmo.

Apresiasi

Mewakili jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Kepala Kankemenag H. Muhammad Syafi’ melalui jejaring whatsApp menyampaikan apresiasi dan harapannya.

”Alhamdulillah… mantap. Selamat untuk MAN Purbalingga. Semoga madrasah-madrasah di Purbalingga selalu mengukir prestasi, berinovasi dan menjadi sumber inspirasi bagi madrasah maupun sekolah yang lain,” ungkapnya.

Senada dengan Kepala Kankemenag Purbalingga, Kasi Pendidikan Madrasah H. Sudiono memberikan ucapan selamat dan berharap semoga capaian tersebut dapat menambah semangat mewujudkan slogan Madrasah Mandiri Berprestasi. *(subhan_sar / bd)