Melebihi Prediksi, Direktur KMSI Angkat Topi Untuk MTsN 1 Pati

Pati – Direktur KMSI, Mochammad Ali Yasin, memberikan ucapan selamat kepada MTsN 1 Pati  yang telah sukses menjadi tuan rumah babak penyisihan Kompetisi Matematika, Sains, dan Bahasa Inggris (KMSI) tingkat nasional tahun 2022 Rayon Pati pada Minggu, (25/9).

“Saya sangat applause dan sangat bangga terhadap teman-teman rayon yang ada di Kota Pati, khususnya yang ada di MTsN 1 Pati karena sebelum pelaksanaan, teman-teman di kota Pati, khususnya panitia sangat aktif memberikan informasi dan aktif menanyakan kepada kami yang ada di pusat,” tuturnya ketika dihubungi.

Yasin mengungkapkan jika peserta babak penyisihan KMSI Rayon Pati telah melampui prediksinya dan bahkan naik dua kali lipat. Sebanyak 522 peserta jenjang SD/MI & SMP/MTs sederajat se-Eks Karesidenan Pati mengikuti kompetisi yang diselenggarakan oleh Intan Mutia Institut ini. “Jujur prediksi awal sekitar 200 karena Pati pelaksanaannya jauh dari kota. Ternyata, dua kali lipatnya dari prediksi awal kami,” jelasnya.

Lebih lanjut, Yasin, juga mengungkapkan kekagumannya pada MTsN 1 Pati yang berani menyuguhkan nuansa yang berbeda pada babak penyisihan kali ini dengan menggunakan alunan gamelan untuk menghibur tamu-tamu yang datang untuk registrasi lomba.

Atas suksesnya acara babak penyisihan KMSI 2022 ini, dirinya menyatakan siap menggelar babak penyisihan KMSI tahun depan di MTsN 1 Pati lagi. “Insyaallah, kalau Allah mengizinkan dan sudah ada ketentuan dan ketetapan dari Allah, kami selaku panitia dari pusat di bawah lembaga Intan Mutia Institut, tahun depan tetap akan mengadakan pelaksanaan penyisihan di kota Pati, khususnya di MTsN1 Pati,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati merasa bersyukur sekaligus bangga atas didapuknya MTsN 1 Pati sebagai tuan rumah pelaksanaan babak penyisihan KMSI 2022 Rayon Pati. “Alhamdulillah, tahun ini pertama kalinya MTsN 1 Pati diberi kepercayaan sebagai tuan rumah pelaksanaan babak penyisihan KMSI. Perlu kami syukuri karena ini merupakan prestasi yang luar biasa untuk MTsN 1 Pati,” ujarnya.

Di samping itu, Syafak sangat mengapresiasi antusiasme para peserta yang mengikuti KMSI 2022 ini. “Melihat antusiasme para peserta se-eks Karesidenan Pati yang datang ke madrasah sangat luar biasa. Semoga menjadi berkah untuk madrasah tercinta dan siswa MTsN 1 Pati yang juga mengikuti KMSI ini dapat mewakili Karesidenan Pati untuk maju ke tingkat berikutnya,” ungkapnya.

Ia pun berharap ke depannya MTsN 1 Pati lebih mendapat perhatian lagi dan dilirik oleh lembaga-lembaga lain yang serupa sehingga dapat membawa nama madrasah lebih dikenal oleh khalayak umum. “Diakui atau tidak diakui, ini sangat berarti bagi perkembangan madrasah, baik di tingkat regional maupun nasional. Semakin dikenal oleh orang dan masyarakat bahwa MTsN 1 Pati bisa menyelenggarakan kegiatan seperti ini. Mudah-mudah ke depannya kita semakin sukses,” pungkas Syafak.

Ditemui secara terpisah, Tommy Andriansyah, Ketua Panitia pelaksana Babak Penyisihan KMSI 2022  MTsN 1 Pati menyebutkan bahwa pelaksanaan Babak Penyisihan KMSI 2022 di MTsN 1 Pati berjalan lancar dan tertib. Ia pun mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh peserta, panitia, dan pihak yang telah berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini. “Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua peserta dan seluruh pihak yang terlibat dalam suksesnya pelaksanaan Babak Penyisihan KMSI Rayon Pati tahun ini,” tandas Tommy Andriansyah.

Sementara itu, salah satu wali peserta lomba, Mia, mengungkapkan jika panitia lomba KMSI 2022 Rayon Pati mampu melayani sepenuh hati dan sangat ramah. “Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar. Panitianya juga welcome, ramah-ramah. Setiap ada kendala, karena kita kan belum pernah ke sini ya, dijelaskan dan diterangkan dengan baik. Pelaksanaanya juga berjalan dengan lancar dan tepat waktu. Jadi, tidak menunggu terlalu lama di sini,” ungkapnya. Ia berharap agar tahun depan MTsN 1 Pati menjadi tuan rumah lagi.(TiM/at/Sua)