MI Alfatah Parakancangah Laksanakan Imunisasi Measles Rubella

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Madrasah diminta membantu mengkoordinir siswanya untuk mengikuti pelaksanaan imunisasi Measles Rubella (MR) atau campak dan Rubella gratis pada September – Oktober kali ini. Peserta imunisasi tersebut berasal dari sekolah tingkat SD/MI dan SMP/MTS.

Tak ketinggalan pula seluruh siswa/siswi kelas 1 MI Alfatah Parakancanggah yang berjumlah 124 anak hari ini, Selasa (24/9).

Kepala MI AL Fatah Parakancanggah Durotun Nafisah mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Puskesmas Banjarnegara 2.

“Sebagai persiapan pelaksanaan imunisasi Meales Rubella (MR) atau campak dan rubella kami sudah berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Banjarnegara 2 selanjutnya koordinasi dilakukan secara internal dengan madrasah,” ucapnya.

Sebelumnya pihak madrasah sudah mendapatkan sosialisasi dari Puskesmas Banjarnegara 2. Dan berharap madrasah dapat membantu kesiapan pelaksanaan imunisasi (MR), Bentuk kesiapan madrasah yakni dengan melaksanakan sosialisasi kepada siswa dan orang tua murid. Dengan informasi tersebut para siswa dan orang tua murid diharapkan bisa mengikuti imunisasi.

“ Sosialisasi sudah dilaksanakan dengan pemasangan papan pengumuman maupun memberikan informasi langsung ke siswa oleh pihak madrasah,” ujar Cahyo, pembina UKS.

“ Imunisasi di MI Al Fatah kali ini sasarannya adalah peserta didik kelas satu yang berjumlah 53 siswa muslim dan 71 siswi Muslimah dan alhamdulillah semua mengikuti dengan senang,” imbuhnya.

Fristi Haryani salah satu petugas dari Puskesmas mengatakan, bahwa imunisasi MR tersebut merupakan program dari pemerintah pusat termasuk di kabupaten Banjarnegara. Masyarakat yang memiliki anak berusia 9 bulan sampai 15 tahun berhak mendapatkan imunisasi gratis

Dalam pelaksanaannya kepala Puskesmas Banjarnegara 2 dr. Anna melakukan pemantauan langsung. Hal ini dilakukan untuk mengetahui proses di lapangan, apabila ada temuan atau kendala maka bisa dilakukan solusi yang tepat dan terarah.

MI Al Fatah berharap semoga dengan ikhtiar dilaksanakannya imunisasi MR ini dapat meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh peserta didik sekolah atau madrasah Banjarnegara dan di Indonesia pada umumnya. (nca/nas/rf)