MIN 11 Boyolali Menjadi Tuan Rumah Pelaksanakan Launching Introduksi Vaksinasi Human Papilloma Virus (HVP) Dan Kampanye Eradikasi Frambusia

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanggede – Dalam rangka mensukseskan dan mensosialisasikan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah, Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali melalui UPT Puskesmas Karanggede menggelar kegiatan  Lounching Introduksi Vaksinasi  HPV (Human Papilloma Virus) dan Kampanye Eradikasi Frambusia di MIN 11 Boyolali pada Senin (05/09). Turut hadir dalam acara ini Perwakilan dari Dinas Keseharan Kabupaten Boyolali, Camat Karanggede, Jajaran UPT Puskesmasa Karanggede Muspika, kepala Desa Kebonan, dan Bapak/Ibu Guru MIN 11 Boyolali.

Kegiatan Pencangan BIAS dan Launching HPV wilayah Kabupaten  Boyolali dilaksanakan di 3 lokasi. Salah satu yang ditunjuk adalah MIN 11 Boyolali. Kepala MIN 11 Boyolali, Umi Khoeriyah, S.Ag, dalam sambutannya  menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatannya MIN 11 Boyolali ditunjuk sebagai tuan rumah, dan harapanya semoga siswa-siswa MIN 11 Boyolali  dapat mengikuti dengan baik seluruh rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Setelah selesai acara launching vaksinasi HPV, anak-anak kelas 4-6 silahkan mengikuti sosialiasi Eradikasi Frambusia, sedangkan khusus untuk siswa kelas 5 putri akan langsung  mendapatkan vaksinasi HPV, Saya harap anak-anak semua dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan tertib dan semoga kegiatan dapat berjalan dengan lancar,” kata Umi Khoeriyah.

Camat Karanggede, Sugiarto, menjelaskan bahwa pentingnya kegiatan Imunisasi HPV ini. Beliu menjelaskan Virus HPV (Human papilloma virus) ada pada kasus kanker serviks atau kanker yang biasanya terjadi pada wanita. Dengan diimunisasi HPV diharapkan, generasi yang akan datang terlindungi dari ancaman kanker serviks. Sehingga bisa meningkatkan kualitas sumberdaya manusia generasi yang akan datang.

Kegiatan Lounching Vaksinasi HPV ini berlangsung  secara meriah karena seluruh siswa MIN 11 Boyolali yang berjumlah 412 siswa mengikuti dengan antusias. Hal ini karenakan pihak dari Dinas Kesehatan mengadakan kuis-kuis ringan dan permainan yang sangat menghibur. Acara lounching ini semakin meriah dengan dilaksanakannya pelepasan  balon-balon secara serentak.

Setelah selesai acara launching, sebanyak 33 siswa kelas 5 putri  mendapatkan vaksinasi HPV dari tim medis dari UPT  puskesmas karanggede. Selain itu juga masih dalam satu rangkaian kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah juga diadakan imunisasi MR bagi siswa kelas 1 dan juga screening Kesehatan yang meliputi kesehatan kuku, gigi dan telinga bagi seluruh siswa MIN 11 Boyolali. Bagi siswa kelas 4-6, mereka mendapatkan  sosialisasi kampenye Eradiaksi Frambusia oleh  Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali .

Dijelaskan bahwa Frambusia adalah suatu infeksi bakteri jangka panjang atau kronis yang paling sering mengenai kulit terutama anak- anak usia sekolah dasar. Penyakit ini  adalah menyakit kulit menular, sehingga diharapkan anak- anak dapat menjaga gaya hidup bersih agar terhindar dari penyakit kulit ini.  Lebih lanjut dijelaskan melalui Kampanye Eradikasi Frambusia diharapkan upaya pembasmian untuk menghilangkan Frambusia dalam masyarakat sehingga tidak menjadi masalah kesehatan masyarakat secara nasional. (@na/ZN/Jaim/rf)