NU Care Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Kota Pekalongan Gelar Acara Santunan Anak Yatim

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Pekalongan – Wakil Rois Pengurus Cabang NU Kota, Pekalongan, KH. Kasiman Mahmud Dessy, M.Ag yang juga menjabat sebagai Kepala Kankemenag Kota Pekalongan, bersama Ketua Dewan Syariah Lazisnu Kota Pekalongan, Dr. KH. Hasan Suaidi, M.Ag didampingi Ketua Lazisnu Kota Pekalongan M. Bany Adam ZA menyerahkan santunan ke anak yatim di RM Selaras, kompleks Gedung Aswaja, Kota Pekalongan. Jumat (30/9/2022).

NU Care Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (Lazisnu) Kota Pekalongan dalam menggelar acara santunan anak yatim yang ke-3 kalinya ini bekerjasama dengan muslimat PAC NU Timur serta YKMI (Yayasan Kesejahteraan Muslimat Indonesia).

Kegiatan ini menghadirkan 30 anak yatim/piatu yang dikoordinir oleh Pengurus Ranting bersama Pengurus Cabang Muslimat NU setempat. Adapun santunan berupa uang tunai dan alat tulis.

Ketua Lazisnu Kota Pekalongan M Bany Adam ZA mengatakan kali ini Lazisnu mengadakan tasyaruf infak yang dihimpun dari donatur dan hasil koin infak dari tingkat Ranting, MWC, hingga Pengurus Cabang NU.

Menurut Adam, diadakannya kegiatan tersebut sebagai bukti bahwa Lazisnu Kota Pekalongan menyampaikan amanah infak dari warga khususnya warga Nahdliyin kepada mereka yang berhak.

“Pada bulan ini, alhamdulillah dapat kita tasarufkan kembali bagi anak-anak yatim. Rencana akan kita lakukan secara bergilir ke tiap ranting.” kata Adam.

Wakil Rois PCNU Ketua Kota Pekalongan H. Kasiman dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas program kegiatan Lazisnu yang rutin dilaksanakan setiap bulan untuk memberikan santunan ke anak yatim secara bergiliran dari ranting ke ranting NU.

“Mewakili Pengurus Cabang NU Kota Pekalongan, saya mengajak kita semua untuk terus bersyukur, Lazisnu Kota, Pekalongan dapat  mentasyarufkan zakat yang ke-3 kalinya, ” ujarnya.

H. Kasiman mengapresiasi trobosan kegiatan dan usaha yang dilakukan oleh Lazisnu pengurus Cabang Pekalongan. Ia juga berpesan untuk teruslah berekreasi dan menambah pundi-pundi amal dari para muzaki yang dapat ditasyarufkan.

“Kami berharap Lazisnu memiliki kreasi dan potensi bersinergi dengan Badan- Badan Negara, seperti BAZNAS dan UPZ Kemenag Kota Pekalongan. Sekali lagi program harus berkelanjutan.Terus membuat terobosan-terobosan yang manfaat, kreatif, sehingga Lazisnu dapat berkembang dengan baik.” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Dewan Syariah Lazisnu, KH. Hasan menyampaikan, kegiatan pentasyarufan ini sebagai wujud pertanggungjawaban Lazisnu Kota Pekalongan akan amanah yang diberikan.

“Lazisnu merupakan lembaga penghimpun zakat, infak, dan sedekah yang telah diakui secara resmi oleh negara dan sah untuk menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat. Sehingga diharapkan, masyarakat dapat menyalurkan zakat infak sedekahnya melalui Lazisnu,” tuturnya.

“InsyaAllah Lazisnu akan menyalurkannya sesuai dengan aturan pentasarufan atau penyaluran yang diajarkan dalam syariat dan fiqih kita. Insyaallah amanah, ada pelaporan rutin setiap bulan dan akuntabel,” jelasnya.

“Terimakasih atas berbagai program yang bermanfaat, yang semoga dapat dipertanggungjawabkan baik secara internal maupun eksternal, sebagai bentuk transparansi pengelolaan ZIS.” lanjutnya.

KH. Hasan juga menyampaikan terimakasih pada Muslimat PAC Timur atas kerjasamanya sehingga kegiatan berjalan dengan baik dan lancer. (Ant/bd).