Siswa MI Grobogan Raih Juara 3 KSM Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Grobogan – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten Grobogan tahun 2022 telah dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu dan Minggu, (10-11/9/22) kemarin. Dan sebuah prestasi membanggakan kembali diraih oleh siswa Muhammad Furqoan MI Nurul Ulum Karanganyar Kec. Geyer. Dalam pengumuman kemarin, Senin, (12/09/22) siswa MI meraih juara 3 pada KSM MI untuk mata pelajaran matematika. Hal ini disampaikan Kasi Pendidikan Madrasah (PD Penmad) Roziqun, saat kami temui di ruang kerjanya, Senin, (19/09/2022).

Dalam wawancaranya, Kasi Pendidikan Madrasah, Roziqun mengatakan ada 11 kategori mata pelajaran yang dilombakan dari tingkat MI, MTs dan MA. Dan  para siswanya berhasil menyabet juara, diantaranya; Juara 3 (Matematika Terintegrasi MI ) yang diraih oleh Muhammad Furqoan dari MI Nurul Ulum Karanganyar Kec. Geyer Kab. Grobogan

“Alhamdullilah berkat kerja keras dan upaya yang dilakukan guru pembimbing, akhirnya siswa  mampu menorehkan prestasinya dalam mengikuti ajang kompetisi sains madrasah tingkat Provinsi dan akan maju ke Tingkat Nasional,” kata Roziqun

Ia berharap para siswanya dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih ini. Bahkan, mampu untuk bersaing dibidang sains dengan siswa MI/SD dengan tingkat Nasional.

“Prestasi yang telah diraih ini saya harapkan bisa terus ditingkatkan, agar dunia pendidikan madrasah kususnya di Kabupaten Grobogan dan Provinsi  Jawa Tengah menjadi lebih maju dan berkembang,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Kemenag Grobogan, Imron Rosyidi menyampaikan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah ajang kompetisi bidang sains antar madrasah yang digelar setiap tahun oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Maka KSM menjadi salah satu wahana kompetisi sebagai upaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai islami, antara lain elaborasi sains dengan konteks yang ada dalam Al Qur’an, konsep serta terapan yang ada dalam Islam, seperti zakat, falak, dan tema lainnya agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik; dan keilmuan sains murni, ini dilakukan sebagai upaya tetap menyejajarkan dengan siswa-siswa olimpiade sains.

“Ajang KSM ini digelar secara berjenjang mulai dari tingkat KKM, Kabupaten, Provinsi dan Nasional. Dan setelah diadakan ajang KSM tingkat Kabupaten, Kafilah KSM dari Kab. Grobogan mengikuti 2022 ajang KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah  selama 2 hari tanggal 11 sampai 12 September 2022 secara daring di Aula Kemenag Grobogan,” ungkap Imron.

Lebih lanjut, beliau mengatakan KSM dilaksanakan dengan tujuan menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains. Selain itu, KSM juga berjutuan untuk memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama.

“Tema KSM Tahun 2022 adalah Mandiri Berprestasi Bangkitkan Negeri, menjadi spirit dari madrasah untuk bersama pulih lebih cepat, siap menghadapi tantangan global, bangkit lebih kuat dalam membangun negeri Indonesia yang kita cintai,” tuturnya.(bd/Sua)