Mewakili Jawa Tengah, Dua Siswa MTsN 1 Pati Raih Juara Nasional

Pati – Kabar membanggakan kembali datang dari siswa MTsN 1 Pati. Mewakili Jawa Tengah, Bibit Rizqiana dan Alif Ilham Thobibul Lathif berhasil mempersembahkan masing-masing Juara 2 dan medali perunggu dalam ajang Indonesian Youth Science Olympiad yang diselenggarakan oleh Olimpiade Sains Indonesia, Jumat, (30/9).

Olimpiade Sains Indonesia merupakan sebuah Lembaga yang bergerak di bidang pendidikan dengan tujuan untuk membantu dan membimbing para pelajar Indonesia sehingga dapat mencetak generasi penerus bangsa yang andal di bidangnya. Olimpiade Sains Indonesia telah menyelenggarakan lebih dari 60 event yang diikuti oleh seluruh pelajar Indonesia.

Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati bersyukur atas pencapaian prestasi anak didiknya. Menurut penuturan Syafak, anak didiknya telah benar-benar menjadi siswa yang mandiri berprestasi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya event lomba yang diikuti oleh siswa MTsN 1 Pati dan berhasil mempersembahkan prestasi terbaik. ‘’Saya sangat bersyukur atas seluruh prestasi anak didik kami yang tidak pernah lelah berjuang untuk madrasah. Siswa MTsN 1 Pati sudah benar-benar menjadi siswa yang mandiri berprestasi. Mereka mandiri mengikuti lomba-lomba yang ada setiap saat dan Alhamdulillah mereka selalu mempersembahkan yang terbaik untuk madrasahnya,’’ ujarnya.

Syafak menyebutkan, dengan bertambahnya medali setiap pekannya, hingga saat ini prestasi MTsN 1 Pati di tahun ini telah mencapai 13.140 medali yang terdiri dari 372 medali tingkat internasional, 12.272 medali tingkat nasional, 481 medali tingkat provinsi, dan 15 medali tingkat kabupaten. ‘’Semoga ini menjadi penyemangat bagi siswa untuk selalu berprestasi dan penyemangat bagi guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka,’’ harapnya.

Ia pun memberikan pesan kepada siswa MTsN 1 Pati untuk tetap rendah hati meski menuai banyak prestasi. ‘’Mari berprestasi untuk MTsN 1 Pati. Jangan Lelah dan jangan sombong, harus bisa berprestasi dengan tetap rendah hati,’’ tandas Syafak.

Menurut salah seorang siswa berprestasi, Bibit Rizqiana, menuturkan bahwa dirinya mengikuti lomba Indonesian Youth Science Olympiad bidang IPS pada tanggal 25-29 September 2022. “Kemarin pada 25-29 September 2022, saya mengikuti lomba dalam ajang Indonesian Youth Science Olympiad bidang IPS yang diselenggarakan oleh Olimpiade Sains Indonesia. Alhamdulillah, setelah lolos di tingkat provinsi lanjut ke nasional,” tutur Bibit Rizqiana.

Bibit menjelaskan jika untuk mengikuti lomba ini, peserta harus bersaing secara ketat di tingkat provinsi terlebih dahulu. “Lomba ini berjenjang dan persaingannya cukup ketat. Untuk lolos ke tingkat nasional, peserta harus bersaing di tingkat provinsi terlebih dahulu,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bibit mengungkapkan untuk mendapatkan juara 2 di tingkat nasional, ia telah bersaing dengan 358 siswa SMP/MTs sederajat se-Indonesia. “Di tingkat nasional, saya harus bersaing dengan 358 siswa SMP/MTs sederajat se-Indonesia. Dan Alhamdulillah, mendapat juara 2 tingkat nasional,” ungkapnya.

Berdasarkan rekapitulasi data perolehan medali sampai dengan September 2022, Bibit berhasil mengumpulkan 150 medali dalam berbagai event lomba. Meskipun demikian, Bibit tidak pernah merasa puas dan berbangga diri. Ia berharap agar ke depan lebih baik lagi dalam mengembangkan potensi sehingga tetap istiqomah di jalur prestasi demi mengharumkan nama MTsN 1 Pati.(TiM/at/Sua)

Related Posts

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist