Pelaksanaan Eazy Passport Tahap 4 Di Kankemenag Kab. Temanggung

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Dalam rangka tetap melayani masyarakat dengan efektif dan maksimal Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Wonosobo melaksanakan kegiatan Pelayanan Eazy Passport, Rabu (26/10).

Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, yang diikuti oleh 45 calon jamaah umroh yang berdomisili di Kabupaten Temanggung yang berasal dari Biro Carmila, Mubina Fifa Mandiri dan Rozi Global Tour.

Jerold Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian dari Kantor Imigrasi Wonosobo didampingi  Panggasa dan Ragil menyampaikan pelayanan Eazy Passport merupakan pelayanan pembuatan paspor yang dilaksanakan di luar Kantor Imigrasi dan menuju lokasi pemohon (dalam hal ini adalah jamaah Umroh pemberangkatan tahun 2022).

“Tujuan Eazy Passport adalah untuk meningkatkan pelayanan pembuatan paspor kepada masyarakat atau jemaah haji melalui program pelayanan paspor secara kolektif melalui program Eazy Passport. Melalui program ini jamaah haji/lembaga dapat mengajukan permohonan paspor tanpa perlu ke Kantor Imigrasi Wonosobo namun petugas akan mendatangi pemohon di lokasi yang telah ditentukan,” ujarnya.

Seluruh proses permohonan paspor mulai dari penyerahan dan pemeriksaan berkas persyaratan, wawancara, serta pengambilan data biometrik berupa foto dan sidik jari dilakukan di Kantor PLHUT Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung. Paspor yang sudah jadi nantinya bisa diambil dan atau dikirim ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung untuk diserahkan ke jamaah umroh.

Sementara Kasi PHU, Eko Widodo memberikan apresiasi yang sangat positif terkait inovasi jemput bola dari Kantor Imigrasi. Beliau menambahkan bahwa kegiatan yang sudah berjalan ke empat kalinya ini sangat membantu para calon jamaah haji dan umroh serta masyarakat dalam mengurus paspor, utamanya yang terkendala masalah waktu.

Beliau menyampaikan sebuah terobosan baru dan perlunya inovasi dalam pelayanan haji khususnya dalam pembuatan passpor dimana Kantor Imigrasi yang jemput bola dengan pelayanan Eazy Passport ini,. Apa yang dilakukan Kantor Imigrasi Wonosobo ini sangat luar biasa. “Kita memerlukan terobosan pelayanan administrasi yang inovatif dalam pelayanan dalam bidang pelayanan penyelenggaraan haji, pelayanan administrasi yang lebih baik serta profesional tentunya. Program pelayanan publik pembuatan passpor untuk kepentingan pemberangkatan jamaah haji maupun umrah ini digagas dan difasilitasi oleh Kantor Imigrasi Wonosobo dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung untuk semakin hari semakin adaptif serta inovatif yang diselaraskan dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat khususnya jamaah calon haji ataupun umrah,“ imbuhnya.(sr/bd)