Perkuat Nilai Spiritual, Kemenag Pati Gelar Khatmil Qur’an Sebagai Agenda Rutin

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PATI – Mengawali segala kegiatan positif dengan kebiasaan baik, tentu akan berdampak positif pula di kemudian hari. Salah satu kegiatan positif dalam rangka memperkuat nilai spiritual, Pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati melakukan kegiatan Khatmil Qur’an sebagai agenda rutin setiap bulannya.

Alunan ayat-ayat suci Al-Qur’an menggema dengan lembut dan menebar suasana damai yang syahdu melalui pengeras suara Mushala Al-Ikhlas, mengawali hari di pagi yang cerah pada Kantor Kementerian Agama Kab. Pati, Jum’at, (7/10)

Kegiatan yang disiarkan langsung melalui channel Youtube Kantor Kemenag Pati ini diikuti oleh kepala kantor, kepala subbag tata usaha, para pimpinan unit kerja serta pegawai muslim/muslimah Kankemenag Kabupaten Pati. Tampak para pegawai dengan khusu’ mengikuti kegiatan Khatmil Qur’an yang digelar rutin tiap hari Jum’at Legi pada tiap bulannya dengan tanggal yang telah terjadwal.

Kepala Subbag Tata Usaha Kankemenag Kab. Pati, Ahmad Syaiku menuturkan, pada saat kegiatan Khatmil Quran berlangsung tidak ada satu ASN muslim pun yang tertinggal untuk tidak menghadiri acara ini walaupun yang tidak bisa membaca Al-Quran karena sesuatu hal, semua meluangkan waktu hadir dan berkumpul dalam Majelis khatam Al Quran agar mendapatkan keberkahannya pula.

“Karena keberkahan saat Khatam Al-Quran bukan hanya bagi pembacanya saja tetapi juga bagi semua yang menghadirinya, Sebaiknya jangan sampai kehilangan kesempatan sangat berharga ini dan manfaatnya untuk memohon kepada Allah segala sesuatu yang kita inginkan,” ujarnya.

“Kita bekerja memenuhi tugas dan kewajiban adalah ibadah. Bukan semata-mata untuk mencari nafkah memenuhi kebutuhan hidup dan berorientasi materi. Sungguh akan sangat indah jika kita juga menghadirkan nuansa spiritual di lingkungan kerja,” jelas Syaiku.

“Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan dan melestarikan khatmil Qur’an di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati,” tegasnya.

Sementara Kepala Kankemenag Kab. Pati, Ali Arifin dalam arahannya berharap dengan adanya kegiatan Khatmil Qur’an yang diadakan secara rutin tiap bulan ini diharapkan dapat memberikan sentuhan suasana dan semangat keagamaan yang kental.

“Apalagi, lanjutnya, kegiatan yang telah rutin digelar ini dilaksanakan sebelum jam kerja dan didukung semua unsur di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, tentu makin menegaskan peran Kementerian agama dalam membina dan meningkatkan kualitas kehidupan beragama ASNnya,” ujarnya. 

“Sungguh ini adalah kebiasaan yang positif dan penuh hikmah, utamanya kepada seluruh pegawai untuk mencari keberkahan dalam bekerja dibarengi dengan keistiqomahan spiritualnya,” pungkasnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan sarapan bersama. Tampak terlihat terjalinnya keakraban dan kebersamaan di antara pegawai kantor Kemenag Kabupaten Pati.(at/Sua)