Tumbuhkan Cinta Nabi, Lantunan Sholawat Menggema di SD Islam Nurul Qomar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Sejumlah 443 siswa beserta guru, staf dan karyawan SD Islam Nurul Qomar mengikuti acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H, yang digelar di aula lantai 2, Senin (03/10/2022).

Pada kegiatan ini, mahasiswa KKN RDR Ke-79 UIN Walisongo Posko 5 turut serta berpartisipasi.

Walaupun digelar secara sederhana, namun semua siswa cukup khidmat dan antusias mengikuti kegiatan tersebut. Apalagi ketika lagu-lagu sholawat dan syair-syair islami kesenangan mereka dilantunkan, seperti Qomarun, Assalamu ‘Alaika Yaa habibi dan  Joko Tingkir Waliyullah.

Kegiatan diawali dengan pembacaan asmaul husna dan tahlil, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan maulid dziba’ yang dipimpin langsung oleh Kepala SD Islam Nurul Qomar, Abdul Rouf. Dalam sambutannya, ia menyampaikan peringatan Maulid Nabi diselenggarakan sebagai upaya unruk meningkatkan keimanan dan kecintaan peserta didik kepada Nabi Muhammad SAW. “Acara Maulid Nabi selalau dilaksanakan rutin setiap tahun. Hal ini dimaksudkan untuk memperkuat keimanan serta menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan dalam hidup,” tuturnya.

Ia menuturkan pula, di sekolah yang dipimpinnya, pembacaan Maulid Nabi tidak hanya dibacakan saat peringatan Maulid Nabi Muhammad, bulan Rabiul Awal saja. “Pembacaan maulid tidak hanya dilakukan pada bulan Rabiul Awal atau pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, akan tetapi hal ini sudah menjadi program pembiasaan yang dilaksanakan setiap bulan, seperti istighotsah dan kegiatan-kegiatan keislaman lainnya,” terangnya.

“Kegiatan-kegiatan semacam ini menjadi program pembiasaan keislaman, sekaligus menjadi ciri khas di SD Islam Nurul Qomar sebagai sarana membentuk karakter peserta didik yang berprestasi dan berakhlaqul karimah, dan sekaligus meneguhkan SD Islam Nurul Qomar sebagai sekolah yang berhaluan ahlu al-sunnah wa al-jama’ah yang selalu mengajarkan tentang moderasi beragama,” imbuhnya.

Pada bagian lain, Lutqi Najab selaku koordinator KKN RDR 79 Posko 5 UIN Walisongo pun menyampaikan harapan yang sama. “Saya berharap dengan diselenggarakannya acara Maulid Nabi dapat menumbuhkan semangat keislaman dan dapat menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri teladan bagi anak-anak SD Islam Nurul Qomar. Selain itu, semoga acara ini dapat menanamkan nilai-nilai moral yang baik seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW,” ungkapnya.(Faojin/NBA/bd)