Pospenas IX 2022, Wujudkan Santri Sehat Jasmani dan Rohani Segera Ditutup

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta, Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) IX Tahun 2022 kembali digelar di Kota Surakarta, Jawa Tengah pada 23-26 November 2022. Dengan mengangkat tema “Gerak Santri, Bangkit Negeri” diharapkan dapat mendorong santri untuk terus berprestasi dan berkreasi di bidang olahraga dan seni dalam rangka mengharumkan nama bangsa dan NKRI.

POSPENAS yang merupakan multibevent olahraga dan seni bagi para santri Indonesia untuk mencapai santri yang sehat jasmani dan rohani. Olah raga, olah rasa dan olah hati menjadi bagian yang tak terpisahkan untuk menciptakan santri yang berkualitas, seimbang dunia dan akhirat

Menteri Agama H. Yaqut Cholil Qoumas berpesan pada para santri untuk tetap menjunjung sportivitas.“Tetaplah berpegang teguh pada sportivitas dan kejujuran. Gunakan kesempatan dalam POSPENAS ini untuk mempraktikkan kedua hal itu,” kata Yaqut.

“Sejalan dengan upaya pemerintah pasca pandemi, tentu sudah menjadi keharusan bagi kita semua untuk dapat nyata berkontribusi bagi Republik Indonesia. Dengan adanya POSPENAS ini, saya berharap semoga santri bisa menjadi salah satu yang dapat menyumbang kontribusi tersebut,” tambahnya.

Pembukaan POSPENAS IX dilaksanakan pada tanggal 23 November 2022, didahului dengan Kirab Obor Santri Nusantara dari sumber api abadi Mrapen Grobogan sampai Kota Surakarta pada tanggal 21 November 2022. Acara pembukaan disaksikan langsung oleh 20.000 santri dari seluruh Indonesia dan disiarkan langsung oleh berbagai media digital.

Cabang olahraga yang dilombakan pada POSPENAS IX terdiri dari atletik, pencak silat, tenis meja, sepakbola, senam santri, dan senam SKJ. Adapun untuk bidang seni terdiri dari kaligrafi islami, pidato 3 bahasa (Indonesia, Inggris, Arab), video film pendek, hadrah dan sand up comedy. E
Sebanyak 2.867 santri dari 34 Provinsi yang tersebar di Indonesia akan bertanding selain sebagai ajang silaturahmi, juga agar mengasah prestasi.

Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad (24/11) bersama dengan Kepala Biro Kesra Pemerintah Provinsi Jateng Imam Maskur memimpin rapat koordinasi persiapan penutupan Pospenas IX tahun 2022.

Provinsi Jawa Tengah sudah mampu mengemas pembukaan Pospenas IX ini secara epic, berkelas, menghibur dan tentunya sarat akan prestasi. Pospenas IX Menghadirkan Sholawat Bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf, secara resmi akan ditutup pada Sabtu (26/11). Pada malam penutupan, ribuan santri akan bershalawat bersama memadati lokasi penutupan yang digelar di Benteng Vastenburg, Surakarta.

Dokumentasi Pospenas 2019, Kontingen Jawa Barat duduki Juara Umum

Rencananya Pospenas IX akan ditutup secara resmi oleh Wakil Menag Zainut Tauhid Sa’adi. Juara Umum Pospenas 2019 Diraih Kontingen Santri Jawa Barat. Untuk Pospenas IX tunggu pengumumannya. (sn/bd)