Untuk Keberlasungan LPQ, Seksi PD Pontren Gelar Bimtek Updating Emis

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,– Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan melalui Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis pemutakhiran data Education Management Information System (EMIS) untuk Lembaga Pendidikan Al-Quran (LPQ) Se _Kecamatan Siwalan bertempat di TPQ Assalam Desa Spait Kecamatan Siwalan, Rabu (28/12/2022)

Hadir mewakili Kepala Seksi PD Pontren, Admin EMIS LPQ Kankemenag Kabupaten Pekalongan Raadi dan Mustajirin. “Emis ini sangat penting untuk pendataan kami. Data ini akan kami gunakan sebagai acuan untuk mengambil kebijakan.”  Demikian disampaikan Mustajirin saat mengawali sosialisasi

Salah satu kebijakan tersebut adalah penentuan lembaga yang bisa mendapatkan bantuan pendidikan. “Data Emis ini penting untuk mendapatkan layanan dari Kementerian Agama, di antaranya pengajuan Bantuan pendidikan, “ sambungnya.

Di dalam Keputusan Dirjen Pendis Kemenag RI nomor 91 tahun 2020 pada Bab III tentang Pendaftaran dan Penutupan LPQ, tercantum aturan LPQ. Aturan tersebut menyatakan bahwa salah satu pertimbangan ditutup atau dicabutnya Tanda Daftar LPQ adalah Lembaga penyelenggara tidak aktif menyelenggarakan Pendidikan selama 2 tahun berturut-turut.

Maka atas dasar itu, “Update data Emis ini wajib dilakukan oleh semua Lembaga Pendidikan dibawah Kementerian Agama termasuk TPQ, dengan updating Emis ini untuk menunjukkan bahwa TPQ yang dikelola masih aktif. Karena pentingnya pemutkahiran atau update Emis, maka kami berharap agar penguatan data Lembaga menjadi salah satu program kerja Badko TPQ. “tegasnya

Sementara itu Admin Emis LPQ Kankemenag Kab. Pekalongan, Raadi menyampaikan bahwa EMIS menyajikan data yang bisa digunakan sebagai dasar kebijakan penyusunan anggaran, pemberian bantuan dan sejumlah kepentingan lainnya, sehingga perlu dilakukan pemutakhiran secara berkala. “Oleh karena itu, saya minta seluruh peserta bisa serius mengikuti bimtek ini, kemudian dapat diaplikasikan dengan baik juga,” jelasnya.

Dengan dipandu Raadi, Bimtek dilanjutkan dengan praktek updating EMIS dan tanya jawab seputar masalah atau kendala yang dihadapi peserta saat melakukan update EMIS (MTb/bd)