30 ASN MTsN 1 Pati Terima Penghargaan Satyalancana Karya Satya

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Sebanyak 30 ASN MTsN 1 Pati menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya. Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pati, Ali Arifin didampingi Kasubbag TU dan Irjen Kemenag RI usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama RI Tahun 2023 di MAN 1 Pati, Selasa, (3/1).

Satyalancana Karya Satya merupakan sebuah tanda penghormatan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada para Aparatur Sipil Negara yang telah mengabdi selama 10 tahun (perunggu) atau 20 tahun (perak) atau 30 tahun (emas) dengan menunjukkan kesetiaan, kecakapan, kejujuran, dan kedisiplinan.

“Saya sangat mengapresiasi teman-teman yang mendapatkan penghargaan Satyalancana Karya Satya karena tidak seluruhnya dapat. Hal ini, tentu bisa mendorong motivasi dalam meningkatkan kompetensi dan pengabdian,” ujar Arifin.

Menurutnya, MTsN 1 Pati merupakan satuan kerja penerima penghargaan terbanyak pada tahun 2022 di Wilayah Kemenag Kabupaten Pati bahkan di Jawa Tengah. Merujuk hal tersebut, Arifin berpesan kepada ke-30 ASN MTsN 1 Pati ini agar penghargaan yang telah diperoleh dapat dijaga dengan baik.

“Memperoleh itu sulit, tapi mempertahankan itu lebih sulit. Jadi, saya yakin dengan semangat pengabdian yang ikhlas, pantang menyerah, tidak kenal lelah, dan dukungan civitas akademika yang ada di MTsN 1 Pati bukan tidak mungkin ke depannya akan semakin baik,” ungkapnya.

Arifin juga menegaskan bahwa niat dalam bekerja harus benar-benar ditata. Bekerja tidak hanya sekadar kedinasan atau mendapatkan honor dari pemerintah saja, namun dalam mendidik dan mencerdaskan anak-anak bangsa ini diniatkan sebagai bentuk ibadah.

“Saya yakin dengan diniati ibadah akan lebih hebat dan bagi guru-guru itu semakin ikhlas baik ketika ada pemimpinnya ataupun tidak,” tegasnya.

Pada kesempatan ini, Arifin berharap MTsN 1 Pati bisa menjadi rujukan, khususnya madrasah yang ada di wilayah Kabupaten Pati dan umumnya madrasah yang ada di luar Kabupaten Pati.

“Selamat bagi teman-teman dan Kepala MTsN 1 Pati serta semua tenaga pendidik atas penghargaan yang diperoleh. Jangan pernah lelah, Insya Allah berkah. Sukses selalu buat teman-teman MTsN 1 Pati,” tandas Arifin.

Ditemui secara terpisah, Fariqah, salah satu guru penerima penghargaan Satyalancana Karya Satya, mengungkapkan dirinya telah mengabdi menjadi PNS selama 31 tahun 5 bulan,  mulai dari tahun 1991 tepatnya tanggal 1 Maret sampai saat ini. Sebelumnya, Fariqah tidak menyangka mendapatkan penghargaan. Dirinya baru mendapatkan informasi sehari sebelum pelaksanaan upacara HAB Kementerian Agama.

“Alhamdulillah, senang sekali dan tidak menyangka kemarin itu mendapatkan penghargaan karena informasinya baru satu hari sebelum menjelang hari-H. Dengan penghargaan ini semoga kami dapat meningkatkan kinerja, berinovasi, dan istiqomah dalam melaksanakan tugas serta kewajiban sebagai ASN sehingga dapat memperoleh penghargaan, baik dari manusia maupun dari Allah Swt.,” ucap Fariqah.

Sementara itu, Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, mengucap syukur, bahagia, sekaligus bangga atas penghargaan yang diterima oleh ke-30 ASN tersebut. “Rahmat Allah kembali diberikan, untuk pertama kalinya ASN MTsN 1 Pati mendapat Satyalancana Karya Satya dari Presiden dengan rincian dua ASN mendapat emas, sebelas ASN mendapat perak, dan selebihnya mendapatkan Satyalancana perunggu,” terangnya. “Semoga penghargaan ini membawa berkah, khususnya bagi madrasah. Di samping itu, semoga bapak ibu guru dan pegawai semakin bergairah dalam bekerja, loyal, disiplin, semakin profesional sehingga dapat menjadi penyemangat dan menginspirasi teman-teman lainnya dalam rangka mengembangkan madrasah yang barokah, manfaat, istiqomah, dan uswatun hasanah,” pungkas Syafak. (TiM/at/Sua)