Kemenag Kab. Temanggung Laksanakan Tes Calon Petugas Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung melaksanakan ujian rekrutmen  Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter dan Arab Saudi di Aula PLHUT. Kasubbag TU, H. Agus Latif saat membuka pelaksanaan ujian selaku Ketua Panitia  menyampaikan bahwa rekrutmen petugas merupakan rangkaian dari penyelenggaraan ibadah haji. Pelaksanaan rekrutmen berdasarkan UU No.8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, Surat Dirjen PHU Kemenag RI tanggal 28 Desember 2022 tentang Perekrutan PPIH, Rabu (25/01).

“Sebagaimana kita ketahui, bahwa hari ini kita melaksanakan ujian rekrutmen petugas ibadah haji yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Mudah-mudahan melalui rekrutmen ini kita mendapatkan petugas yang handal, profesional dan siap melayani, membina dan peduli dengan jamaah haji kita,” ungkapnya.

Tujuan dari pelaksanaan rekrutmen ini adalah untuk mencari calon petugas yang profesional dan handal dalam melaksanakan tugas dan kerja penyelenggaraan ibadah Haji tahun 1444 H/2023 Masehi.

Adapun peserta yang mengikuti ujian rekrutmen ada 20 orang diantaranya 6 peserta  PPIH ketua kloter, 6 peserta PPIH pembimbing ibadah, 5 peserta PPIH Arab Saudi-pelayanan akomodasi, 2 peserta PIH Arab Saudi – pelayanan transportasi dan 1 peserta PPIH Arab Saudi.

Agus Latif juga menyampaikan kepada para peserta agar menanamkan niat tulus semata-mata untuk melayani jamaah dan yakin pada kemampuan sendiri.

“Tanamkan niat tulus bahwa saudara/i mendaftar semata-mata karena melayani tamu Allah dan bernilai ibadah. Jangan ada niat semata-mata untuk mengambil kesempatan individu seperti kesempatan berhaji atau menilai materi, ikuti semua prosedur dan yakinlah dengan kemampuan diri sendiri,“ lanjutnya.

Karena ujian ini dilaksanakan secara profesional, transparan dan akuntabilitas, seluruh peserta menadapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi petugas haji, melalui persaingan yang sehat dan dapat dipertanggungjawabkan.  Seluruh pihak yang terlibat untuk menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas, terbuka dan professional, menerapkan komitmen zona integritas.

“Bagi peserta yang tidak lolos jangan berkecil hati, dikarenakan rekrutmen ini adalah sudah diniatkan untuk bekerja melayani tamu Allah, selamat mengikuti tes, semoga Allah meridhoi niat kita semua,” pungkasnya.(sr/rf)