Keragaman Nusantara Hadir Dalam Upacara Bendera Peringatan HAB Kemenag di Demak

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Demak – Miniatur Nusantara hadir dalam penyelenggaraan upacara bendera peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-77 Kementerian Agama (Kemenag) tingkat Kab. Demak yang dilaksanakan di halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Demak pagi ini, Selasa (3/1).

Upacara diikuti oleh seluruh ASN jajaran Kemenag Demak yang berjumlah tak kurang dari 1000 orang pegawai. Nampak turut menghadiri para Purnatugas Kemenag, Dharma Wanita, serta Guru, Siswa, dan Santri berprestasi tingkat Nasional yang duduk bersama para pejabat struktural Kankemenag Demak di tribun kehormatan. Sementara di tribun yang lain, hadir para Pengawas Madrasah/PAI, dan Kepala KUA se-Kabupaten Demak.

Bertindak sebagai pembina upacara, Bupati Demak, Hj. Eisti’anah. Dalam sambutannya, selain mengucapkan selamat Hari Amal Bhakti Kemenag yang ke-77, ia juga mengajak seluruh ASN Kemenag untuk selalu meningkatkan kinerja.

“Mari kita jadikan momentum ini sebagai pengingat bagi kita semua untuk terus meningkatkan kinerja, profesionalitas, pengabdian, dan karya nyata untuk masyarakat,” ajak Bupati.

Lebih lanjut, Hj. Eisti’anah juga mengajak seluruh warga Kemenag untuk memberikan karya nyata dalam merajut kerukunan, ”Kita semua harus hadir sebagai perangkai, penjalin, dan merajut tenun kebangsaan kita yang bhineka, hal ini selaras dengan tema HAB Tahun 2023 yakni Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat.”

Sebagai informasi, dalam rangkaian upacara ini, diberikan pula Satya Lencana Karya Satya 10, 20, dan 30 Tahun kepada enam orang PNS oleh Bupati Demak selaku pembina upacara.

Walaupun sempat khawatir dengan tingginya intensitas hujan di minggu ini, namun patut disyukuri pagi itu cuaca cukup bersahabat sehingga jalannya upacara bisa berjalan dengan baik tanpa ada kendala berarti.

Satu hal yang menarik, berbagai motif baju adat nusantara tampil dalam upacara itu dipakai dengan elegan oleh para peserta, sehingga halaman MAN pagi itu seakan menggambarkan miniatur Indonesia yang heterogen.

Di akhir upacara diserahkan piala dan piagam penghargaan bagi guru, siswa, dan santri yang telah mengukir prestasi di kancah Nasional, serta beberapa pemenang lomba dalam rangkaian kegiatan HAB Kemenag ke-77 yang telah diselenggarakan sebelumnya.(msr/rf)