Penyuluh Bimbing Pasien RS secara Rutin

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Dalam memberikan pelayanan masyarakat, Kantor Kementerian Agama Kota Semarang juga bekerjasama dengan beberapa rumah sakit, diantaranya RSUD Dr. Ahyatma, MPH Tugurejo.

Rabu (18/1/2023), Nanik Zulfa, salah satu penyuluh agama Islam Kankemenag Kota Semarang, memberikan bimbingan rohani kepada pasien-pasien muslim yang dirawat di rumah sakit tersebut.

Nanik menuturkan, kegiatan itu rutin dilakukannya bersama penyuluh agama lain. “Kemenag Kota Semarang bekerjasama dengan RSUD Dr. Ahyatma, MPH Tugurejo untuk memberikan bimbingan rohani kepada pasien-pasien yanng dirawat, sesuai dengan agamanya masing-masing. Kami, penyuluh agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan Konghuchu, ditugasi oleh Kakakankemenag Kota Semarang untuk memberikan bimbingan secara rutin,” tuturnya.

“Dari pihak RSUD sendiri telah membuat jadwal, kapan kami harus memberikan bimbingan rohani, baik hari maupun jamnya. Khusus untuk pasien muslim, saya dan Pak Rofiq (Moh. Ainor Rofiq), penyuluh agama Islam, diberikan jadwal untuk memberikan bimbingan rohani setiap hari Rabu. Saya memberikan bimbingan kepada pasien muslim perempuan, dan Pak Rofiq kepada pasien muslim laki-laki,” terangnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan tujuan dari pemberian bimbingan rohani kepada pasien. “Tujuan bimbingan rohani adalah untuk memberikan bantuan kepada pasien berupa nasihat, pendapat, atau petunjuk, agar dirinya mampu menyembuhkan penyakit yang bersarang di dalam jiwanya. Karena, untuk bisa pulih dari sakit, tidak hanya dibutuhkan ikhtiar lahir seperti pengobatan secara medis, tetapi juga semangat dan keyakinan bahwa penyakit itu datangnya dari Allah, maka Allah lah yang akan menyembuhkannya,” ujarnya.

“Jadi, tugas kami adalah memberikan pendampingan agar pasien memiliki semangat untuk sembuh, dan terus berprasangka baik kepada Allah atas sakit yang dideritanya, karena jika ia ikhlas menerima sakitnya, maka Allah akan mengangkat dosa-dosanya,” imbuhnya.

“Kami berharap, kegiatan yang kami lakukan dapat meringankan beban pasien, sehingga menambah semangat mereka untuk segera sembuh dari sakitnya,” pungkasnya.(Nanik/NBA/bd)