Pertama, MGMP Quran Hadits MTs Kabupaten Purbalingga Gelar LCC

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
LCC Mapel Al Quran Hadits Tingkat MTs digelar MGMP Al Quran Hadits Kabupaten Purbalingga di Aula Uswatun Khasanah.

Purbalingga – Turut serta memeriahkan peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama Tahun 2023, MGMP Al Quran Hadits MTs Kabupaten Purbalingga menggelar Lomba Cerdas Cermat Mapel Al Quran Hadits di Aula Uswatun Khasanah Purbalingga, Senin (9/1/2023).

Ketua MGMP Quran Hadits Kabupaten Purbalingga Hanif Ahmas dalam laporannya menjelaskan, peserta lomba tersebut merupakan tim utusan Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta se-kabupaten Purbalingga.

“Ada 37 tim yang terdaftar dari 41 MTs yang ada di kabupaten Purbalingga. Setiap tim terdiri dari 3 orang siswa kelas VII dan VIII, campuran putra putri, atau putri saja, boleh pula putra semua,” ujarnya.

Dalam sambutannya Hanif mengapresiasi seluruh pihak yang telah mendukung penyelenggaraan kegiatan tersebut. Ia pun memberikan motivasi kepada seluruh pihak terutama para siswa dan guru Quran Hadits untuk terus bersemangat melaksanakan kegiatan yang bermanfaat tersebut.

“Motor listrik saja ada lombanya, mengapa Quran Hadits tidak ada,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan yang digelar sehari tersebut selain diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama juga merupakan upaya MGMP untuk meningkatkan mutu dan kapasitas para siswa di bidang Al Quran dan Al Hadits.

Ketua KKM MTs Kabupaten Purbalingga Hj. Siti Mudrikah dalam sambutannya mengapresiasi inisiatif dan kesungguhan para guru yang yang tergabung dalam MGMP Quran Hadits Kabupaten Purbalingga.  

“Kami mengapresiasi pelaksanaan kegiatan yang telah diprogramkan ini. Kegiatan LCC ini telah direncanakan dalam program tahunan MGMP. Dan dari seluruh mapel agama baru MGMP Quran Hadis yang mengadakan lomba seperti ini, ” tandasnya.

Siti Mudrikah berharap, melalui kegiatan tersebut madrasah tsanawiyah di kabupaten Purbalingga semakin maju.

“Harapan kita adalah lulus MTs dapat membaca Al Quran dengan benar dan dapat melaksanakan solat dengan benar,” ujarnya.

Kasubbag TU H. Sarif Hidayat memberikan sambutan dan membuka kegiatan LCC Mapel Al Quran Hadits secara simbolis.

Lanjutkan

Mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Kasubbag TU H. Sarif Hidayat dalam sambutan pembinaannya meminta kegiatan yang baru pertama digelar di kalangan MGMP MTs tersebut agar terus dilanjutkan penyelengaraannya di tahun-tahun berikutnya.

“Atas nama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, kami mengapresiasi kegiatan yang sangat baik ini dan mohon untuk terus dilanjutkan tdi masa-masa mendatang,” ungkapnya.

Menurutnya, para guru Quran Hadits merupakan orang-orang yang luar biasa. Karena dalam tugasnya mereka memberikan bekal yang sangat dibutuhkan para siswa dalam urusan dunia maupun urusan akhirat.

Terkait hasil pendidikan agama Sarif mengungkapkan, pemahaman agama akan terwujud seiring dengan berjalannya waktu dan berjalannya usia. Hasil pendidikan tidak mesti didapatkan saat sesaat setelah pembelajaran dilaksanakan, tetapi bisa jadi pada beberapa waktu berikutnya.

“Sejak kecil kita menghafalkan doa untuk kedua orang tua. Hafal dari kecil, namun baru memahami maknanya dengan sebenar-benarnya setelah menjadi orang tua,” tandasnya.

Setelah membuka kegiatan perlombaan secara simbolis Sarif berpesan agar semua pihak menerima hasil perlombaan tersebut.

“Yang juara adalah yang terbaik.  Bagi yang belum meraih juara bukannya tidak baik melainkan semua baik, hanya belum menjadi yang terbaik. Karena perlombaan adalah menentukan yang terbaik dari yang baik-baik,” imbuhnya.

Pengawas MTs H. Taryoto selaku juri menyerahkan trophy kejuaraan kepada para juara lomba.

Juara

Usai perlombaan tim juri yang beranggotakan H. Taryoto dan H. Sodikin (keduanya Pengawas MTs Kabupaten Purbalingga) menyampaikan hasil kejuaraan. Juara 1 diraih Tim LCC MTs Darul Abror Kedungjati (1.190), Juara 2 Tim LCC MTs Muhammadiyah 2 Purbalingga (1.150) dan Juara 3 diraih Tim LCC MTs Muhammadiyah 4 Purbalingga (890).* (sar/bd)